Tindaklanjuti Instruksi Presiden, Pemkot Jalin Kerjasama Bersama Lanal Bengkulu

  • Whatsapp

Bengkulu, beritalima.com | Upaya menindaklanjuti instruksi Presiden RI Joko Widodo kepada Mendagri untuk diteruskan kepada seluruh kepala daerah agar ketahanan pangan menjadi salah satu fokus pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, maka Rabu (6/5/2020) Pemkot Bengkulu kerjasama dengan Lanal Bengkulu.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Komandan Lanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi menandatangani nota kesepahaman di markas pangkalan Angkatan Laut Bengkulu, pukul 09.15 WIB.

Hadir Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, Sesda Marjon dan beberapa Kepala OPD.

Saat diwawancarai, Walikota Bengkulu menerangkan bahwa sudah menjadi warning dunia tentang akan terjadi kelangkaan pangan.

Untuk antisipasi, sesuai dengan Isntruksi Presiden, maka Pemkot Bengkulu mulai melakukan kerjasama dengan Lanal Bengkulu.

“Hari ini kita mulai melakukan kerjasama, pecah kendinya di Lanal. Nanti dilanjutkan dengan pihak lain. Target kita minimal 1 juta bibit yang akan ditanam. Soal bibitnya apa ini masih akan didiskusikan dengan APH,” terang Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

Untuk anggarannya sudah tersedia sebesar Rp 2,5 miliar untuk membeli bibitnya. Karena kata Helmi pemerintah sangat serius dan fokus terkait ketahanan pangan.

“Ini menjadi perhatian kita dengan Danlanal bahwa kita harus berbuat sesuatu. Salah satunya kita harus melakukan kerjasama bahwa penting untuk menjaga ketahanan pangan,” ujar Helmi.

Sementara itu, Komandan Lanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi mengatakan pihaknya juga akan mengawal penyebaran benih nantinya.

“Juga memberikan edukasi kepada masyarakat, karena pentingnya kita menanam tanaman bahan pokok yang cepat panen seperti ubi, jagung, dan lainnya. Minimal masyarakat bisa menanam secara mandiri agar bisa dipenuhi kebutuhan pokoknya saat terjadi kelangkaan pangan. Nanti kita kerjasama antara staf potensi maritim kami dengan dinas pertanian Kota Bengkulu untuk sama-sama mengedukasi masyarakat,” jelas Yustus.

Setelah melakukan penandatanganan penandatangana nota kesepahaman, dilanjutkan dengan penanaman bersama tanaman singkong di lahan Lanal Bengkulu dalam rangka pemanfaatan lahan tidur dan pekarangan di pangkalan angkatan laut Bengkulu untuk mendukung ketahanan pangan antisipasi dampak wabah Covid-19.

Rencananya, untuk lahan di pangkalan Angkatan Laut Bengkulu ada sekitar 3.200 meter persegi yang akan ditanami bibit produktif.

Dalam kesempatan itu pula Helmi memberikan tongkat kesayangannya kepada Yustus. (rd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait