Tingkatkan Jual Daging Ternak, Bupati Pamekasan Gelar Bazar Qurban Sistem Timbang Syariah

  • Whatsapp

PAMEKASAN, Beritalima.com |Untuk meningkatkan mutu kualitas daging ternak di kabupaten Pamekasan. Baddrut Tamam, Bupati Pamekasan, bersama para pertenak antar Desa membuka Bazar Qurban sistem timbang Syariah.

Hal tersebut diupayakan untuk mendongkrak prekonomian para peternak hewan yang ada di kabupaten Pamekasan.

Bacaan Lainnya

Bazar Hewan Qurban tersebut digelar Kepala Desa Samatan bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Pamekasan juga kelompok Dokapi guna menyediakan hewan qurban bagi masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijaj 1441 Hijriah.

“Dengan begitu nanti bisa mendorong lahirnya ekonomi dari para peternak yang ada di Desa. Dengan harapan para peternak lain dapat terinspirasi,”kata Baddrut Tamam, kepada Media usai meninjau Sapi ternak yang dipajang di depan Balai Desa Samatan. Rabu(22/07/2020), siang.

Selain itu juga kata Baddrut Tamam, dengan adanya bazar tersebut, dapat mendorong perindustrian ternak hewan baik secara kelompok maupun individual.

“Keseriusan ini dapat dioptimalkan secara baik. Sehingga daging sapi itu berkualiatas dan nilai jualnya juga terjangkau nantinya,”imbunya.

Orang nomor satu dilingkungan Pamekasan, itu juga banyak berharap dengan adanya bazar sistem timbang syariah tersebut, nanti juga bisa diakui oleh Negara. Kerena menurutnya untuk peternak masih belum ada, singga bupati pamekasan berupaya untuk mewujudkannya.

“Yang ada untuk sementara itu pekerjaan petani, pekerjan nelayan. Dan untuk penerapan sistem jual beli sapi akan diberlakukan sistem timbang model syariah. Dengan cara yang luar biasa ini akan bisa menentukan harga yang berkualitas,”jelas Baddrut Tamam.

Sementara itu Moh. Tamyis, Kepala Desa Samatan, mengatakan, dalam bazar Qurban perdana melibatkan 13 Kelompok yang ada di Kabupaten Pamekasan.

“Diantaranya kelompok Kandang Rizki 99, H. Riski, Merah Putih, Sameran, Groom, Pakong, Unira, Luxson, Pak Latif, Pamoroh, MDMH Pademawu, Pak Jhon, dan Kelompok Galis, untuk Hewan Sapi 52 ekor dan kambing 103 ekor,”terangnya.

Perlu diketahui bersama acara diawali dengan penyerahan bibit rumput pakan ternak kepada Kades Samatan oleh Bupati Pamekasan didampingi Wakil Bupati Pamekasan dan Sekdakab.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait