Tingkatkan Sinergisitas, Disparpora Kabupaten-Kota Jalin MoU

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Guna meningkatkan sinergisitas dalam hal pariwisata, pemuda, olahraga, dan kebudayaan, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Madiun menjalin Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Madiun, Jawa Timur.

Penandatanganan ini, dilakukan di Pendopo Lembah Wilis, Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Rabu 11 Mei 2022.

Kepala Disparpora Kabupaten Madiun, Anang Sulistijono, mengatakan, penandatangan MoU ini untuk mengoptimalkan fungsi fasilitasi.

Menurutnya, seluruh pelaku jasa wisata, olahraga, dan seluruh penggiat budaya kota dan kabupaten, merupakan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan.

“Sejarah sama, leluhurnya sama. Hanya secara administrasi saja yang dibedakan antara kota dan kabupaten. Untuk mengurai benang merah, administrasi kita laksanakan sehingga teman-teman di kota dan kabupaten bisa leluasa untuk mengembangkan apa yang menjadi potensi masing-masing,” kata Anang Sulistijono.

Kota dengan segala kelebihan, dan kabupaten dengan segala kelebihannya, lanjut Anang, harus bisa melakukan kolaborasikan.

“Karena kita satu bagian dan tidak bisa terpisahkan dan satu kesatuan yang harus disinergikan. Kita harus saling melengkapi. Saya akan bicara Kampung Pesilat, teman-teman dari kota akan berbicara Kota Pendekar. Itu satu kesatuan yang harus disinergikan,” tambahnya.

“Memang harus kita laksanakan pentahapan, agar nanti di tahun ini juga teman-teman pelaku jasa usaha wisata, budaya dan olahraga bisa bersinergi,” jelasnya.

Sinergi, menurutnya, penting dan harus gayung bersambut. “Ketika ada even atau kegiatan di kota maupun kabupaten, kita saling mengisi dan melengkapi. Itu penting,” tandasnya.

Pihaknya juga sangat berterimakasih dengan adanya kerjasama ini. Ia berharap, bisa mempererat tali silaturahmi dan program-program dinas untuk ke depan.

“Kami berharap dari bidang maupun secara fungsional secara teknis, setelah MoU ditandatangani bisa dilakukan secara personal informal, maupun formal,” harapnya.

“Out put dalam kerjasama ini adalah meningkatnya beberapa jasa usaha pariwisata dan kepemudaan olahraga untuk mengarah ke prestasi dan kesenian. Kami berharap kedepan tingkat perekonomian masyarakat kabupaten/kota bisa lebih baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Disbudparpora Kota Madiun, Agus Purwowidagdo, melalui Sekretaris Dinas, Marhaendra, mengatakan, dengan adanya kerjasama ini, nantinya kalau ada kegiatan bisa dikolaburasikan.

“Dengan kerjasama ini bukan hanya pariwisata dan kepemudaan olahraga saja. tapi juga kebudayaan. ini juga akan ada efeknya. Terutamanya dalam masalah ekonomi,” terangnya. (Ben/editor Dibyo).
Ket. Foto: Anang S (kiri) atas, Marhaendra (nomor 2 dari kanan) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait