Unair Raih Penghargaan Terbaik Pertama dalam Anugerah SAKIP dari Mendikbudristek

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Baru-baru ini Universitas Airlangga (Unair) kembali menambahkan catatan prestasinya. Unair berhasil meraih penghargaan terbaik pertama dengan kategori “Perguruan Tinggi Negeri Sebagai Badan Hukum” dalam ajang Anugerah Penghargaan Mendikbud-Ristek Atas Kinerja Anggaran, SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan), dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Dalam ajang penghargaan tersebut, Unair berhasil mengantongi skor tertinggi yakni 95,50. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Rektor Unair, Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak pada Kamis (2/5/2024).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim BA MBA mengatakan, dalam ajang ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dan komitmennya untuk menjalankan fungsi dalam kegiatan dan anggaran yang berkualitas, accountable dan transparan.

Nadhim menegaskan, dalam penetapan dan pelaksanaan kebijakan serta penyelenggaraan kegiatan harus berfokus pada tiga hal. Yakni, alokasi dan pemanfaatan yang berkualitas, berbasis kinerja serta berorientasi dengan hasil yang maksimal.

“Tiga hal tersebut harus senantiasa menjadi pedoman kita semua dalam melaksanakan dan melanjutkan gerakan merdeka belajar agar upaya-upaya untuk perbaikan pendidikan dan kebudayaan tercapai dan akan terus terakselerasi,” ucapnya.

Nadhim menerangkan, penerapan sistem akuntabilitas kinerja, pengelolaan dan pemanfaatan anggaran pada masing-masing satuan kerja harus mengedepankan program-program prioritas. Ia juga mengimbau untuk tidak lupa terus melakukan kerja sama dalam menciptakan good governance.

“Dengan harapan, penghargaan SAKIP dan NKA ini menjadi pengingat semua satuan kerja untuk menguatkan komitmen dalam melayani masyarakat. Terima kasih, Salam Merdeka Belajar,” serunya.

Rasa bangga atas penghargaan yang diberikan pada Unair turut dirasakan seluruh sivitas akademika, tak terkecuali Prof Muhammad Nasih selaku Rektor Unair. Rasa syukur tak berhenti terucap pasalnya Unair berhasil meningkatkan prestasinya dari tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, pada tahun ini Unair berhasil memperoleh penghargaan terbaik pertama. Tentunya, pencapaian ini tak luput dari kinerja dan kontribusi para rekan-rekan semuanya. Terima kasih atas kontribusi signifikannya,” ungkap Rektor Unair itu.

Prof Nasih menuturkan, pencapaian Unair kali ini tak membuat cepat puas serta dapat mempertahankan pencapaian yang telah diraih.

“Semoga pencapaian ini dapat membawa keberkahan untuk Unair dan kita semua,” harapnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait