Wagub Emil : Kekompakan IPHI Kota Surabaya Jadi Teladan Bagi Seluruh IPHI di Jatim dan Indonesia

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Wakil Gubernur Jawa Timur yang juga Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Timur Emil Elestianto Dardak meyakini bahwa IPHI kota Surabaya mampu menjadi teladan bagi seluruh IPHI kabupaten/kota di Jawa Timur, bahkan Indonesia. Hal itu terlihat dari adanya kekompakan dan kebersamaan di dalamya. Salah satunya yaitu melalui acara tasyakuran haji yang mereka gelar.

“Hari Ini kekompakan, kebersamaan jemaah haji Kota Surabaya adalah acara yang insyaallah menjadi teladan bagi yang lainnya yang ada di Jawa Timur dan mudah-mudahan Indonesia,” kata Wagub Emil dalam sambutannya saat menghadiri tasyakuran jemaah haji Surabaya di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Sabtu (3/9) pagi.

Wagub Emil mengatakan, kekompakan dan kebersamaan memang seharusnya terus dibangun diantara mereka. Karena selain sebagai wadah silaturahmi sesama alumni haji, selain itu juga sebagai jalan untuk menjaga kemabruran haji yang telah didapatkan usai menjalankan ibadah haji.
“IPHI ada untuk membangun sebuah persaudaraan, yang terpenting kita yaitu membangun solidaritas bagi sesama alumni haji,”katanya.

Emil Dardak menjelaskan dalam upaya membangun kemabruran haji bagi seseorang dapat dilakukan dengan terus melakukan kebaikan-kebaikan sebagaimana yang pernah dikerjakan selama menjalankan ibadah haji. Seperti bersedekah, menyegerakan salat ketika telah masuk waktu salat.
“Menjalankan hal-hal yang baik dan untuk saling tolong menolong satu sama lain,” jelasnya.

Lebih lanjut Emil Dardak menjelaskan hal-hal baik yang dilakukan bersama akan bisa menjadi sebuah kekuatan besar. Seperti halnya filosofi sapu lidi, Emil mengibaratkan satu kebaikan akan sulit untuk memberikan manfaat yang besar kepada umat.

“Karena ibaratnya sapu lidi kalau satu saja bisa nggak buat nyapu? tapi kalau banyak akan bisa untuk membersihkan,” lanjutnya.
Selain itu, menurutnya kebersamaan sesama alumni haji akan mengingatkan memori saat menjalankan ibadah wukuf di Arafah dan bagaimana harus berjuang untuk mendapatkan tempat salat di Masjidil Haram Makkah atau di Masjid Nabawi Madinah. “Kalau kumpul bersama seperti ini bayangkan rasanya seperti kembali pada saat melaksanakan ibadah haji, saat wukuf di Arafah, Saya ingat betul,” ucapnya.

Mantan Bupati Trenggalek ini juga menyampaikan dengan kebersamaan bisa menjadi jalan untuk melakukan kerjasama – kerjasama dalam hal kebaikan. Seperti halnya dalam pemerintahan, Emil menerangkan bahwa dibutuhkan sinergi dari berbagai pihak untuk menghadapi permasalahan termasuk penanganan Covid-19.
“Kalau di Jawa Timur kita punya prinsip sinergi, artinya mari kita bekerjasama dengan berbagai lembaga yang ada,” terangnya.

Di akhir, Emil Dardak menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkenan mengupayakan terlaksananya tasyakuran haji yang digelar kali ini. Baik dari Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur, IPHI kota Surabaya, dan seluruh anggota IPHI yang hadir.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kita semua dan semua pihak sehingga kita bisa bersilaturahmi di masjid nasional al-akbar kebanggaan dan kecintaan masyarakat Surabaya dan Jawa Timur,” pungkasnya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait