Wujud Kepedulian Pemerintah Daerah, Bupati Karna Akan Barikan Honor Pada Petugas IB Sukwan

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat memberikan sambutan diacara halal bihalal dengan pegawai Dinas Peternakan. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Bupati Situbondo, Karna Suswandi menghadiri acara Halal Bihalal Keluarga Besar Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Situbondo, Rabu (24/5/2023). Acara tersebut berlangsung di Aula Lantai II Disnakkan Situbondo.

Dalam sambutannya, Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, Pemkab Situbondo bakal memberikan honor kepada 41 petugas Inseminasi Buatan (IB) sukarelawan. Sebab, selama ini mereka bekerja secara mandiri alias tidak menerima honor dari pemerintah.

“41 petugas IB sukarelawan di Kabupaten Situbondo akan menerima honor. Insya Allah mulai tahun 2024. Ini adalah bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada mereka,” ujarnya.

Baputi mengungkapkan, para petugas IB sukarelawan tersebut telah mengabdikan diri dalam meningkatkan populasi sapi dan kambing di Kota Santri Pancasila. Sehingga berdampak terhadap kesejahteraan peternak sekaligus memenuhi kebutuhan daging sapi dan kambing untuk masyarakat Situbondo.

“Atas kerja kerasnya, atas upaya yang dilakukan untuk bisa meningkatkan pendapatan para peternak, meningkatkan kesejahteraan para peternak, pemerintah daerah dalam hal ini tidak tinggal diam. Oleh sebab itu, kita akan honor mereka,” imbuhnya.

Bukan cuman itu, Bung Karna menambahkan, Pemkab Situbondo juga bakal memberikan honor kepada dokter hewan yang bekerja secara mandiri. “Untuk dokter hewan yang belum menerima honor, nanti juga akan kami honor. Tadi ada 11 dokter hewan dan 41 petugas IB sukarelawan, sehingga total ada 52 orang,” bebernya.

Terkait nominal honor yang mereka terima, kata Bung Karna, masih akan dikomunikasikan oleh tim anggaran. “Mengenai besarannya masih kita bicarakan bicara dengan tim anggaran ya,” pungkasnya.

Sementara itu, Pegawai Perencana pada Disnakkan Situbondo, Edi Supriyono mengapresiasi, rencana pemberian honor kepada puluhan petugas IB sukarelawan di Kabupaten Situbondo. “Jadi tadi teman-teman responnya bagus dan menyambut baik apa yang disampaikan bapak Bupati kita,” ucapnya.

Sehingga, lanjut Supriyono, pihaknya berharap rencana tersebut bisa direalisasikan di tahun 2024. Sehingga kesejahteraan petugas IB sukarelawan bisa meningkat.

“Semoga rencana ini bisa betul-betul dipertanggungjawabkan, karena total dari 59 petugas IB di lapangan yang PNS atau PPPK hanya sekitar 18. Sisanya petugas IB sukarelawan, sehingga sama sekali tidak ada honor baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” tegasnya. (Adv/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait