Yakenpa Latih Kader sosialisasikan Aplikasi Oky Untuk Remaja Putri

  • Whatsapp

JAYAPURA – Yayasan Noken Papua (Yakenpa) Sebagai kepanjangan tangan UNICEF Papua mengadakan kegiatan pelatihan Kader Oky Kota Jayapura di SMPN 2 Jayapura, Senin (25/7/2022).

Kegiatan yang diikuti para guru dan siswi perwakilan jenjang SMP di Kota Jayapura ini, dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan siswi SMP di Kota Jayapura terkait pengetahuan mengenai sarana penunjang dan MKM (Manajemen Kebersihan Menstruasi) di sekolah, Meningkatkan keterampilan kader pelatihan menjadi pendidik bagi sebayanya, dan sosialisasi kader Oky bagi siswi di sekolah maupun komunitas.

Oky adalah aplikasi pelacak menstruasi pertama di dunia untuk remaja perempuan dan dibuat untuk memberikan informasi menstruasi yang menyenangkan, kreatif, dan positif bagi remaja perempuan.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Abdul Majid mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut.
Kegiatan tersebut dikatakan memberikan penguatan advokasi kepada anak-anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP), gadis-gadis remaja dalam MKM.

“Ini adalah ilmu yang bagus, diskusikan dengan baik, disampaikan oleh pakar didampingi oleh para wakil kepala sekolah (Wakasek) bidang kesiswaan, agar nantinya dapat menjadi bekal anak-anak, jika mendapatkan peristiwa alam tubuh yang mereka alami, dengan terbentuknya kader-kader Oky juga diharapkan bisa mereplikasikan kepada teman sekolah, maupun di forum-forum Osis, sehingga dengan pengalaman pengetahuan ini anak-anak bisa mendapatkan informasi yang luas”Katanya.

Direktur Yakenpa, Nani Pundu menyebut jika pihaiknya menargetkan 10.000 downloder aplikasi Oky oleh para remaja putri. Pihaknya juga menyebut tujuan kegiatan yang dilakukan. Saat ini pengguna Oky, Papua menjadi peringkat dua nasional.

“Aplikasi Oky ini adalah salah satu sarana untuk mengetahui bagaimana remaja-remaja puteri menstruasi dan mitos-mitos yang ada dan lain sebaginya, ada target yang kita ingin berikan kepada sekolah ataupun adik-adik remaja pada umumnya, baik di komunitas manapun agar dapat mendownload aplikasi Oky untuk diterapkan di setiap bulannya, karena ini dari mereka untuk mereka dan untuk masa depan mereka,”ucapnya.

Pihaknya juga menyebut kegiatan serupa akan terus dilakukan ke sekolah-sekolah di Kota Jayapura bersama forum guru untuk memberikan informasi dan edukasi KMK.

“Kita akan terus gaungkan lewat pertemuan forum kepala sekolah, lalu kepala sekolah juga akan memberikan informasi ke setiap forum guru dengan tujuan utamanya adalah untuk kebersihan, kebersihan dimulai dari diri sendiri, dan lingkungan sekitar, kami juga akan mengajarkan cara menjahit pembalut kain, dan menjelaskan pembalut kain yang hygienis dan ramah lingkungan,”katanya.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Wakasek bidang kesiswaan dari lima belas SMP terpilih di Kota Jayapura, serta lima belas siswa pengurus Osis dari lima belas SMP terpilih yang menjadi kader Oky di Kotq Jayapura.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait