Yakenpa Terus Sosialisasi Aplikasi Oky Untuk Siswi SMP di Kabupaten Jayapura

  • Whatsapp

SENTANI – Lagi, Yayasan Noken Papua (Yakenpa) dan UNICEF menyelenggarakan Training of Trainer (TOT) bagi siswi Sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Jayapura. Selasa (26/7/2022).

Training yang dilakukan di SMP Bonaventura Sentani ini, menitikberatkan pada pengetahuan Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM), dengan target utamanya adalah sosialisasi Aplikasi Pelacak Menstruasi OKY kepada para siswa yang nantinya bisa menularkan informasi tersebut kepada sebaya siswi SMP laainnya. Aplikasi ini dibuat oleh UNICEF digunakan oleh 6.800 pengunduh diseluruh tanah Papua.

Aplikasi OKY adalah aplikasi pelacak menstruasi dapat diakses menggunakan telepon android bagi remaja perempuan khususnya.

Direktur Yakenpa, Nani Pundu, mengajak pelajar perempuan yang mengikuti pelatihan ini dapat menyebarkan informasi dan menjadi kader OKY di Kabupaten Jayapura, sehingga sebaya mereka juga mengetahui aplikasi Oky, dan utamanya mampu meendeteksi dan melakukan MKM dengan baik.

“Oky adalah salah satu melacak mentruasi setiap bulannya, agar ada persiapan dan perencanaan, dalam masa belajar dari UKS di sekolah, ketersediaan MKM, toilet sesuai jumlah siswa, ketersediaan air bersih harus kita sediakan, mengaungkan untuk pendonload Oky di Papua bisa melampaui yang di Jakarta, kita sudah di posisi kedua,”Tuturnya.

Kepala Bidang SMP Dinas pendidikan Kabupaten Jayapura, Yohanes.B. Suadula dalam sambutannya mengatakan aplikasi Oky erat dengan perilaku hidup sehat, bantu teman sebaya pengguna Oky.

“Khusus untuk remaja putri, kalau kita bicarakan mengenai manajemen mentruasi, ini penting untuk perkembangan jaman itu yang dulu tabu, sebenarnya erat sekali dengan perilaku hidup sehat, sekolah menyediakan fasilitas kebersihan. Kita akan menjadi orang yang membantu teman sebaya untuk kenal aplikasi Oky,”pungkasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait