3 Rekomendasi Aplikasi Pinjam Uang dengan Bunga Paling Rendah

  • Whatsapp

beritalima.com |  Mau pinjam uang ke aplikasi fintech, tapi bingung pilih mana yang tepat? Atau mungkin kamu bertanya-tanya, poin-poin apa aja sih yang bisa jadi penentu sebuah fintech layak untuk digunakan atau nggaknya?

 

Nah, untuk menjawab hal tersebut, pada dasarnya kredibilitas dan kelayakan fintech atau aplikasi pinjam uang online bisa kamu lihat dari tiga hal. Pertama, terdaftar atau tidaknya fintech tersebut di OJK. Kedua, berapa besaran suku bunga yang diterapkan fintech, apakah sesuai dengan acuan Bank Indonesia atau tidak. Ketiga, teknologi yang digunakan fintech beserta jaminan keamanan privasi dan data nasabahnya.

 

Idealnya, fintech nggak cuma perlu terdaftar di OJK, tetapi juga perlu memiliki suku bunga acuan maksimal 6% sesuai dengan kebijakan Bank Indonesia, plus memiliki teknologi mumpuni beserta jaminan keamanan data nasabah. Kalau tiga poin ini sudah checked semua, maka artinya fintech tersebut layak digunakan.

 

www.beritalima.com

Pertanyaan selanjutnya, apakah ada fintech yang sudah memenuhi tiga kriteria ideal tersebut? Jawabannya tentu ada. Berikut ini tiga rekomendasinya untuk kamu.

 

  1. Kredivo

 

Di antara ratusan fintech lainnya, Kredivo adalah fintech yang punya suku bunga paling rendah: hanya 2,95% per bulan untuk pinjaman dan cicilan. Selain itu, limit pinjaman atau kredit yang diberikan Kredivo juga jauh lebih besar, maksimal bisa mencapai hingga Rp 30 juta, di saat fintech lainnya maksimal hanya Rp 3 jutaan aja.

 

Fasilitas kredit dari Kredivo juga tidak terbatas pada peminjaman dana tunai aja, melainkan juga bisa untuk nyicil barang di lebih dari 250 e-commerce ternama seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang paling menarik, bisa pesan tiket pesawat, beli pulsa, paket data, token listrik, dan berbagai transaksi PPOB secara langsung lewat aplikasi Kredivo.

 

Persyaratan utama untuk daftar akun Kredivo juga mudah: kamu minimal harus berusia 18 tahun, berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Apabila sudah memenuhi syarat, kamu tinggal download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, kemudian daftar.

 

Dari sisi keamanan, selain sudah terdaftar di OJK, Kredivo juga memiliki teknologi enkripsi data yang bisa menjaga kerahasiaan dan keamanan data nasabah. Dalam transaksinya, Kredivo juga menggunakan kode OTP sebagai pengaman dan alat verifikasi transaksi. Dalam kebijakan privasi yang tertera di situsnya, Kredivo juga menjamin bahwa data-data kamu tidak akan diperjualbelikan ke pihak lain.

 

  1. Uang Teman

 

Berbeda dengan Kredivo, Uang Teman memiliki dua platform yang bisa digunakan calon pengguna ketika mendaftar, yaitu melalui desktop/situs dan aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store.

 

Persyaratan untuk daftar atau mengajukan Uang Teman juga kurang lebih sama dengan fintech lainnya, yaitu membutuhkan KTP, foto selfie, dan slip gaji. Namun, saat ini baru tersedia untuk kamu yang berusia 21 tahun ke atas, berdomisili di wilayah Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Magelang, Klaten, Bandung, Surabaya, Semarang, Bali, Makassar, Palembang, Lampung, Jambi dan Balikpapan.

 

Sementara itu, dari sisi jumlah peminjaman maksimal yang bisa diajukan adalah Rp 3 juta. Untuk suku bunga yang diterapkan Uang Teman berkisar antara 0,6 – 0,8% per harinya atau bisa mencapai hingga 24% per bulan. Maksimal tenor pengembalian adalah 30 hari. Nah, perkara keamanan, perusahaan fintech yang memiliki nama perusahaan PT Digital Alpha Indonesia ini sudah terdaftar resmi di OJK. Selain itu, dalam kebijakan privasi yang tertera pada situsnya, Uang Teman juga menyatakan bahwa pihaknya tidak akan menjual data nasabah ke pihak manapun. Dengan kata lain, Uang Teman cukup kredibel dan aman untuk kamu gunakan.

 

  1. Dana Bijak

 

Serupa dengan Uang Teman, pendaftaran dan pengajuan Dana Bijak bisa dilakukan melalui desktop atau situsnya dan juga aplikasi yang bisa didownload di Google Play Store. Persyaratan untuk mengajukan pinjaman di Dana Bijak juga membutuhkan beberapa dokumen seperti KTP, akun bank, dan foto selfie pribadi. Namun, saat ini, Dana Bijak hanya bisa digunakan untuk kamu yang berusia 21 tahun ke atas, berdomisili di Jabodetabek aja dan memiliki penghasilan minimal Rp 2,5 juta per bulannya. Dibandingkan dengan Kredivo dan Uang Teman, Dana Bijak memiliki cakupan wilayah yang terbatas.

 

Sementara itu, dari sisi besaran dana yang dipinjam, maksimal yang bisa kamu ajukan adalah Rp 3 juta dengan waktu pengembalian 30 hari untuk pengguna baru dan 90 hari maksimal bagi pengguna lama. Sementara dari sisi suku bunganya, Dana Bijak menerapkan suku bunga sekitar 25% per bulan dari total dana yang diajukan. Kamu bisa mengakses situs Dana BIjak dan melihat simulasi cicilannya langsung sebelum mengajukan.

 

Selain sudah terdaftar sebagai fintech legal di OJK, dalam situsnya, Dana Bijak juga telah mencantumkan kebijakan privasi yang menjamin keamanan data nasabah. Serta menjamin tidak akan menyebarluaskan ataupun menjual data pribadi nasabah ke pihak manapun.

 

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *