4 Doa Untuk Pengantin Baru Agar Berkah Dan Mendapat Keturunan Yang Baik

  • Whatsapp

Memberikan doa pengantin baru akan mendatangkan manfaat bagi dua insan manusia yang baru saja meresmikan hubungannya menjadi sepasang suami dan istri.

Tujuan memberikan doa pengantin baru adalah agar rumah tangganya sakinah, mawaddah, dan warrahmah. Pernikahan merupakan salah satu ibadah terpanjang dalam hidup, sehingga siapapun yang menjalankannya akan mendapatkan ganjaran berupa pahala yang besar. Selain itu, dengan menikah juga maka sempurnalah agama seorang muslim.

Karena itu, ada doa yang bisa diberikan kepada pengantin baru. Doanya seperti apa? Simak penjelasan berikut ini !

  1. Doa Untuk Pasangan Pengantin Baru

Kamu bisa baca doa pengantin baru ini saat menghadiri sebuah pesta pernikahan. Doa ini memang ditujukan bagi kedua mempelai yang sedang melangsungkan pernikahan. Berikut lafaz doanya :

Barakallahu laka, wa baraka ‘alaika, wa jama’a bainakuma fii khairin wa ‘afiyah.

Artinya : “Semoga Allah SWT memberi berkah untukmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah menyatukan kamu berdua dalam kebaikan.”

Selain doa pengantin baru yang singkat diatas, ada juga lafaz bacaan doa yang lebih lengkap, yaitu :

Barakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Barakallahu likulli wahidin min kuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.

Artinya : “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing – masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

  1. Doa Yang Dibaca Oleh Pengantin Baru

Selain doa yang bisa diberikan untuk pengantin baru, ada juga doa yang bisa dilafazkan oleh mereka yang sedang menjadi pengantin baru. Doa ini dibaca oleh pengantin baru sebagai wujud rasa syukur karena sudah diberikan kesempatan untuk menyempurnakan ibadahnya.

Sebaiknya doa ini dibaca oleh pengantin laki – laki sembari memegang ubun – ubun pengantin perempuan setelah melangsungkan akad nikah. Berikut bacaan doanya :

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.”

  1. Doa Untuk Pengantin Baru Saat Malam Pertama

Ketika pengantin baru hendak melakukan ibadah suami istri di malam pertama, ada juga sebuah doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh mereka. Tujuan membaca doa ini adalah agar terhindar dari godaan syaitan dan agar anak yang dikandung nanti dijauhkan dari syaitan. Berikut bacaan doanya :

Bismillah, allahumma jannibnaasy syaithoona wa jannibisy syaithoona maaa rozaqtanaa.

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah aku dari syaitan dan jauhkanlah syaitan dari anak yang akan Engkau karuniakan kepada kami.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Doa Pengantin Baru Agar Diberikan Keturunan Yang Saleh Dan Salehah

Setiap pasangan pengantin baru tentunya berharap kelak diberikan keturunan berupa anak yang saleh dan salelah. Karena itu, setiap pasangan suami istri hendaknya memohon kepada Allah diberikan keturunan yang baik.

Salah satu doa yang bisa dilafazkan untuk mendapatkan keturunan yang baik tercantum dalam Surah As Shaffaat ayat 100, yang berbunyi :

Robbi hablii minash shoolihiin.

Artinya : “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh.” (QS. As Shaffaat : 100).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait