6+ Aplikasi Sistem Inventory Gudang untuk Perusahaan dan Bisnis UKM

  • Whatsapp

Sistem inventory gudang merupakan salah satu sistem yang sangat penting dalam pengelolaan suatu bisnis, baik bisnis UKM maupun perusahaan. Saat ini, manajemen inventaris barang yang berada di gudang sudah jadi lebih mudah dengan adanya aplikasi khusus untuk mengaturnya.

Apa Itu Sistem Inventory Gudang?

Inventory merupakan istilah bahasa Inggris dari inventaris yang berarti persediaan, maka secara keseluruhan bisa diartikan sebagai sistem persediaan gudang. Sistem ini berfungsi untuk mengatur ketersediaan persediaan barang yang ada di gudang untuk mendukung keberlangsungan bisnis.

Sebelum teknologi kian berkembang, manajemen inventaris barang dilakukan secara manual dengan proses yang lama dan rumit. Namun kini pengelolaan persediaan barang tersebut sudah bisa dilakukan secara otomatis dengan menggunakan aplikasi khusus inventory gudang.

Aplikasi ini hadir untuk membantu para pemilik usaha supaya mengontrol persediaan barang di gudang dengan cepat, mudah, dan efektif. Aplikasi inventory yang ditawarkan sudah bisa dioperasikan secara online melalui smartphone maupun PC.

Manfaat Sistem Inventory Gudang

Sebelum menggunakan aplikasi inventory ini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat yang dimilikinya. Sistem inventory gudang bisa membantu Anda menjaga ketersediaan stok barang bisnis yang ada di gudang.

Menurut Jurnal.id pada lama situsnya https://www.jurnal.id/id/aplikasi-gudang/, Software inventory gudang terbaik sudah dibekali fitur pengingat jika barang di gudang perlu ditambah, sehingga resiko kehabisan barang bisa diminimalisir. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari kerugian akibat pembelian stok barang yang berlebihan, sehingga biaya operasional lebih optimal.

Pengambilan keputusan bisnis serta pembuatan laporan inventaris juga bisa jadi lebih mudah, cepat dan akurat. Perhitungan dalam proses pembuatan laporan inventaris lebih akurat, karena sistem berjalan otomatis, sehingga kekeliruan lebih diminimalisir.

Rekomendasi Aplikasi Sistem Inventory Gudang

Jadi, setelah mengetahui beberapa manfaat yang ditawarkan, apakah Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi sistem inventory gudang? Jika ya, Anda bisa memilih beberapa aplikasi recommended. Tentunya yang sudah dijamin keakuratan serta fleksibilitas pengoperasiannya.

Berikut beberapa software inventory gudang yang bisa dipilih untuk membantu Anda dalam mengontrol ketersediaan stok barang di gudang:

1. Jurnal.id

Rekomendasi software inventory gudang yang pertama yaitu bernama Jurnal.id. perangkat lunak yang satu ini merupakan salah satu software terbaik yang ada di Indonesia. Keberadaan dari perangkat lunak ini mampu membantu untuk proses pembukuan serta operasional bisnis perusahaan.

Sehingga, pengelolaan inventory barang gudang bisa menjadi lebih mudah dan lebih efisien. Perangkat lunak Jurnal.id akan mengelola usaha Anda dengan solusi automasi dan real time yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Jurnal.id hadir dengan beragam fitur menarik yang dapat membantu kinerja perusahaan menjadi lebih optimal lagi. Berbagai macam fitur unggulan yang dimiliki sangat mendukung proses pembukuan, UKM, operasional toko, serta bisnis lain untuk bisa berkembang lebih baik.

Keunikan yang dimiliki perangkat lunak Jurnal.id yaitu mempunyai tampilan dashboard yang sederhana serta lengkap dengan 30 lebih template yang menarik. Terlebih lagi beragam template tersebut telah berjalan secara profesional dan siap untuk langsung digunakan.

2. Stock Inventory

Stock Inventory merupakan sebuah perangkat lunak yang disediakan secara gratis di dalam perangkat telepon. Perangkat lunak ini bisa dengan bebas digunakan oleh semua orang terutama oleh pebisnis yang baru memulai usaha. Stock Inventory tergolong ke dalam jenis aplikasi yang mempunyai fitur beragam.

Bahkan, dengan fitur-fitur unggulan yang dimilikinya dapat membuat penggunaan aplikasi tersebut menjadi jauh lebih mudah. Bahkan, sebagai pengguna pemula juga akan lebih mudah untuk memahaminya. Salah satu fitur utamanya yaitu sebagai pencatatan persediaan barang yang akan dijual ataupun dibeli.

Hal ini tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada pada usaha Anda. Selain dilengkapi dengan fitur tersebut, perangkat lunak ini juga bisa digunakan untuk mengelola berbagai produk pada bisnis Anda. Hal ini akan berguna untuk bisa menambah dan menghapus stok barang penjualan yang telah terjual.

3. Lecprog Stock Management

Lecprog Stock Management merupakan salah satu perangkat lunak yang bisa digunakan di dalam perangkat laptop atau PC. Namun, aplikasi ini bisa digunakan ketika Anda telah mempunyai software JavaRuntime yang telah terpasang di dalam perangkat.

Untuk bisa mendapatkannya pun sangat mudah, yakni dengan memasukkan kata kunci JavaRuntime di dalam kotak pencarian. Kemudian memasang perangkat lunak tersebut untuk bisa terpasang di dalam perangkat.

Pengguna dari aplikasi Lecprog Stock Management kebanyakan memanfaatkan untuk mengelola jenis barang yang mempunyai sifat tidak tahan lama. Misalnya dengan berbagai macam bahan makanan yang ada di dalam restoran. Namun, aplikasi ini juga mampu mengelola jenis barang yang mempunyai sifat tahan lama.

Bahkan tidak cukup sampai sana, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengelola berbagai barang yang mempunyai ukuran lebih kecil. Pastinya, pengelolaan barang bisa menjadi lebih mudah dan efisien.

Dengan berbagai macam keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi Lecprog Stock Management tentu Anda mulai berminat untuk mengunduhnya. Untuk itu segera lakukan pengunduhan untuk bisa memperoleh berbagai macam kemudahan manajemen stok barang dengan hanya menggunakan satu aplikasi saja.

4. Household Register

Rekomendasi yang lain yaitu bernama Household Register. Perangkat lunak ini termasuk ke dalam aplikasi yang mempunyai banyak sekali keunggulannya. Salah satunya yaitu kemampuan untuk mengelola inventory gudang.

Di dalam fitur ini Anda bisa dengan mudah untuk mengkategorikan setiap barang-barang yang ada di dalam gudang. Bahkan, Anda juga bisa menggabungkannya menjadi sesuai dengan jenisnya. Di samping itu juga, Anda bisa memberikan tanda di setiap produk.

Sehingga Anda tidak lagi perlu untuk repot-repot mencari barang tersebut secara satu per satu. Keunggulan lain yang dimiliki aplikasi Household Register yaitu mampu untuk menandai lokasi penyimpanan barang di dalam gudang.

Dengan berbagai macam keunggulan ini membuat aplikasi Household Register dapat membantu Anda untuk mengatur segala barang persediaan gudang.

5. Abinventory Control

ABinventory Control merupakan aplikasi gudang yang bisa digunakan di dalam perangkat laptop atau PC. Di mana perangkat lunak yang satu ini dapat memantau persediaan stok barang yang Anda timbun di dalam gudang. Dengan mengelola di dalam aplikasi ini, Anda bisa membuat catatan pembelian, stok barang, penjualan, bahkan transaksi lainnya menjadi lebih terperinci.

Di samping itu, aplikasi ini juga mampu untuk menganalisa stok barang dengan lebih rapid an apik. Terlebih lagi tampilan yang dimiliki juga sangat mudah untuk bisa dimengerti berbagai kalangan. Mungkin hanya membutuhkan sedikit waktu untuk bisa memahami serta menguasai aplikasi ini.

Lebih menariknya lagi, Aplikasi Abinventory Control dapat diunduh secara gratis dan bahkan bisa diunduh dengan cara yang sangat mudah. Anda bisa mengunduhnya melalui website resmi atau dengan melalui Microsoft Store.

6. Inflow Inventory

Inflow Inventory merupakan aplikasi stok barang yang sangat cocok digunakan oleh pebisnis pemula. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melacak biaya, menerima pesanan hingga mengontrol stock barang yang ada di dalam gudang.

Bahkan tidak hanya itu saja, aplikasi ini mampu melakukan penginputan data barang yang ada di dalam gudang usaha Anda. Sehingga, data yang dikelola sebelumnya bisa secara otomatis berubah menjadi sebuah laporan dengan waktu yang lebih singkat. Kebanyakan, aplikasi ini dimanfaatkan untuk mengelola bisnis online.

Oleh sebab itu, Inflow Inventory menjadi salah satu aplikasi stok barang online shop terbaik yang ada di dunia. Hal ini menjadi salah satu tips yang bisa digunakan untuk membantu pebisnis pemula dalam mengelola stok barang di dalam gudang.

7. Bhansali Inventory

Software inventory gudang lainnya yaitu bernama Bhansali Inventory. Aplikasi ini mampu mengelola barang gudang menjadi lebih sederhana. Kemudahan pengelolaan tersebut didukung dengan berbagai macam fitur unggulan yang telah terintegrasi dengan baik.

Dengan menggunakan aplikasi Bhansali Inventory, Anda bisa membuat laporan berupa data jual dan beli dan pengelolaan jadwal karyawan. Bahkan, Anda juga bisa mencetak kwitansi pembelian. Oleh Karena itu, penggunaan aplikasi ini tentu sangat dianjurkan untuk digunakan para pebisnis perusahaan.

Terlebih dengan serangkaian fitur yang sangat lengkap. Ditambah lagi dengan visualnya yang mudah untuk dipahami. Sehingga hal ini memungkinkan untuk bisa diaplikasikan oleh pebisnis yang baru saja memulai usaha.

Bhansali Inventory telah dirancang dengan system user friendly yang sangat cocok membantu pebisnis untuk bisa mengelola barang gudang menjadi lebih optimal. Aplikasi ini juga sangat cocok untuk diterapkan di dalam minimarket Anda.

Tips Pengelolaan Sistem Inventory Gudang

Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengelola inventaris barang di gudang yang perlu diketahui.  Pertama, tata barang di tempat penyimpanan, pisahkan sesuai kategori, dan beri nama supaya barang mudah ditemukan.

Kedua, buat catatan yang rapi dan jelas berdasarkan waktu datang maupun jumlah stok supaya lebih mudah dipahami. Ketiga, kenali jenis kebutuhan perusahaan atau bisnis Anda supaya lebih mudah dalam mengelola inventaris barangnya.

Jika perusahaan atau bisnis Anda sudah tergolong besar, maka sebaiknya gunakan aplikasi khusus inventory gudang. Bagi Anda yang memiliki gudang bisnis di banyak tempat berbeda juga bisa memanfaatkan aplikasi sistem inventory barang untuk mengaturnya.

Tips terakhir dalam mengelola sistem inventory gudang adalah sesuaikan anggaran yang disiapkan dengan jenis sistem yang dipilih. Anda bisa memilih untuk menggunakan sistem manual dengan mempekerjakan staf khusus atau secara digital dengan aplikasi inventory.

Aspek Penting Aplikasi Sistem Inventory Gudang

Terdapat beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan saat memilih aplikasi sistem inventory gudang supaya mendapat yang terbaik. Aspek penting pertama pada aplikasi inventory adalah kelengkapan fiturnya, karena fitur-fitur tersebut yang nantinya digunakan untuk inventaris barang.

Selanjutnya, perhatikan kemudahan akses dan tampilan yang dimiliki oleh aplikasi yang dipilih, apakah aplikasi tersebut user friendly atau tidak. kemudahan akses juga termasuk aspek penting, karena kemudahan akses ini mempengaruhi kinerja Anda saat mengelola inventaris gudang.

Saat memilih aplikasi software inventory gudang, Anda perlu memilih aplikasi yang sudah terintegrasi dengan banyak sistem lainnya. hal ini sangat penting untuk diperhatikan supaya Anda bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dengan 1 aplikasi saja.

Nah, itulah beberapa informasi penting terkait sistem inventory gudang yang perlu Anda ketahui saat menjalankan sistem inventory. supaya manajemen inventaris jadi lebih hemat, mudah dan efisien, Anda sebaiknya menggunakan aplikasi inventory gudang.

 

 

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait