6 Cara Menjaga Dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

  • Whatsapp

Daya tahan tubuh yang baik mampu melindungi diri sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk kedalam tubuh. Karena itu, sangat penting untuk kamu memiliki daya tahan tubuh yang kuat guna mencegah jatuh sakit. Apalagi di masa mewabahanya virus corona seperti saat ini.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Termasuk juga menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, hingga konsumsi suplemen agar sistem kekebalan tubuh tetap prima.

Memang penting untukmu menerapkan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh dapat bekerja dengan optimal sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Berikut dibawah ini 6 cara yang bisa ditempuh untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh :

  1. Memperbanyak Makan Sayur Dan Buah

Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, dianjurkan untuk kamu memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi sayur dan buah, cenderung tidak mudah sakit.

Hal tersebut dikarenakan sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Jenis buah yang bagus untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh adalah buah yang kaya vitamin dan mineral, seperti guava.

  1. Istirahat Yang Cukup

Kurang tidur dapat menurunkan daya tahan tubuh. Sangat penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usiamu. Orang dewasa biasanya membutukan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam. Sementara, remaja membutuhkan waktu tidur selama 9 hingga 10 jam.

  1. Hindari Stres

Stres yang tidak terkendali dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Peningkatan hormon kortisol dalam jangka panjang dapat mengakibatkan menurunnya fungsi kekebalan tubuh. Karena itu, kamu harus mengelola stres dengan baik agar terhindar dari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

  1. Rutin Berolahraga

Dianjurkan untuk berolahraga secara rutin selama 30 menit setiap hari, guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga yang murah dan mudah dilakukan. Selain diluar rumah, olahraga atau aktivitas fisik juga dapat dilakukan didalam rumah.

  1. Hindari Rokok Dan Alkohol

Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebihan ternyata bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok berisiko tinggi mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara, perokok yang juga pecandu alkohol berisiko tinggi terkena infeksi paru.

  1. Konsumsi Suplemen Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain menerapkan pola hidup sehat, sebagian orang lebih memilih untuk mengonsumsi suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi suplemen mungkin bisa menjadi alternatif untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi.

Rhea Health Tone merupakan suplemen yang terbuat dari bahan alami sehingga aman dikonsumsi. Suplemen ini terbuat dari ekstrak tanaman obat dengan antioksidan yang kuat serta minyak atsiri yang berkhasiat mampu memperbaiki daya tahan tubuh sehingga tetap sehat dan bugar. Suplemen ini juga bisa membantu menyembuhkan penyakit.

Menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari – hari memang menjadi langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun pada beberapa kondisi, mengonsumsi suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh mungkin diperlukan. Dianjurkan untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya, khususnya bagi kamu yang memiliki kondisi medis tertentu. Dokter nantinya bisa merekomendasikan suplemen yang sesuai dengan kondisi kesehatan kamu, dengan dosis yang tepat tentunya.

 

 

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait