ABHI Gelar Baksos di Karawang

KARAWANG, beritalima.com- Sebagai bentuk kepedulian terhadap pelajar di pelosok daerah, mendorong sekelompok pemuda yang
tergabung ke dalam Aksi Bahagia Berbagi (ABHI) memberikan bantuan peralatan sekolah kepada pelajar yang berada di wilayah terpencil.

Salah satunya, bantuan diberikan kepada siswa MIS Al-Hidayah Kalihurip/Pejaten, Desa Sirnabaya, Karawang, Jawa Barat, Kamis 2020, kemarin.

Bantuan perlengkapan sekolah yang diberikan diantaranya seragam, tas, sepatu, serta ATK sebanyak 200 paket.

Bantuan ini diharapkan dapat memotivasi para pelajar di pelosok daerah agar semakin semangat dalam belajar.

“Pendidikan itu pondasi terbentuknya stratifikasi sosial. Dalam menjalankan pendidikan harus memiliki fasilitas yang memadai seperti perlengkapan sekolah. Akses dan fasilitas untuk menunjang kegiatan pendidikan di pelosok daerah masih sangat terbatas. Maka dari itu, ABHI hadir sebagai gerakan yang peduli untuk memenuhi fasilitas pendidikan,” jelas ketua komunitas ABHI, Asep Roby Sulaieman.

Kegiatan ini, tambahnya, didukung oleh PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) yang mengucurkan dana melalui Dana Bina Lingkungan. Kehadiran asuransi Jasindo dalam Aksi Bahagia Berbagi tersebut, menunjukkan peran aktif perusahaan di tengah tengah masyarakat dalam bentuk dan kegiatan apapun sesuai dengan slogan BUMN yaitu BUMN “Hadir Untuk Negeri”.

“Sebagai salah satu perusahaan milik negara, asuransi Jasindo memiliki komitmen yang sangat besar pada sektor pendidikan guna peningkatan SDM sejalan dengan visi misi Presiden Joko Widodo dalam membangun Indonesia yang adaptif, produktif, inovatif, dan kompetitif,” jelas Head of CSR & PKBL PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero), Adrian W Paranggi.

Bantuan perlengkapan sekolah yang diberikan kepada siswa sekolah dasar di Desa Sirnabaya Karawang, lanjutnya, menjadi salah satu bentuk kepedulian asuransi Jasindo kepada masyarakat di sekitar wilayah kerja perusahaan, mengingat asuransi Jasindo tersebar di 33 provinsi.

“Ini merupakan program utama dari bina lingkungan dan juga bentuk tanggung jawab sebagai BUMN,” lanjutnya.

Selain PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero), Aksi Berbagi Bahagia juga turut didukung oleh
PT Buana Panca Pratama, PT Ajinomoto Indonesia, Unit Pengumpulan Zakat Masjid Raya Puri Teluk Jambe, serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sirnabaya, Teluk Jambe, Karawang.

“Adanya kegiatan sosial bantuan kepedulian terhadap siswa tingkat SD dan SMP di wilayah Desa Sirnabaya oleh Aksi Bahagia Berbagi (ABHI), merupakan hal yang baru dan kami sangat mendukung. Ini dapat dijadikan trigger untuk hal serupa,” tutur perwakilan Badan
Permusyawaratan Desa Sirnabaya, Karawangg Antosa.

Kegiatan serupa, sudah dilakukan sejak tahun 2017 dengan menyalurkan bantuan perlengkapan sekolah ke tujuh daerah. Yakni Desa Kemiling di Lampung, Desa Empat Lawang di Palembang, Desa Wuring di Nusa Tenggara Timur, Desa Suka Maju di Tasikmalaya, Desa Srimpit di Wonosobo Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Pandeglang, Banten.

Untuk diketahui, ABHI merupakan gerakan
kemanusiaan di bidang pendidikan yang diinsiasi oleh sekelompok pemuda pemudi Indonesia. Salah satunya Agustina Dwi Handayani.

Perempuan ini merupakan salah satu pengurus Yayasan Indonesia Hijau yang juga terpilih sebagai fellow program LEAD Indonesia Bakrie Center Foundation tahun 2018 dalam kategori pendidikan bagi anak-anak tidak mampu. (Lili).