Ajak masyarakat Gemar Makan Ikan, Pemkab Situbondo Adakan Lomba Masak Serba Ikan

  • Whatsapp

SITUBONDO, Beritalima.com – Lomba kreatifitas memasak ikan dengan berbagai kreasi
diselenggarakan oleh Kantor Dinas Perikanan dan kelautan Kabupaten Situbondo bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK KabupatenSitubondo dalam rangka ketahanan pangan dan gizi, melalui ketahanan pangan dari sektor perikanan.

Kegiatan yang diselenggarakan fan bertempat didepan kantor Bupati Situbondo diikuti oleh 17 tim PKK, 17 Desa dan 17 Pondok Pesantren. Sesuai tema, seluruh masakan dan kudapan yang disajikan berbahan dasar dari ikan.

Kepala dinas perikanan Situbondo, H Eko Wahyudi mengatakan, tujuan lomba masak dengan bahan dasar serba ikan bertujuan mengedukasi masyarakat akan berbagai manfaat menkonsumsi ikan, seperti ikan patin, kerapu dan banyak ikan lainnya, di samping itu pula untuk meperkenalkan keanekaragaman masakan yang berbahan ikan kepada masyarakat luas .

“Data tahun 2016, Masyarakat Situbondo menkonsumsi 21,5kg ikan per tahun perkapita, Jawa Timur 25,4 kg pertahun perkapita, indonesia pada umumnya masih ada bayi yang lahir pendek, kurus atau obesitas, Dari di atas kita indonesia masih termasuk 17 bermasalah dari 117 negara, untuk kami mengajak seluruh masyarakat meningkatkan konsumsi ikan yang sudah terbukti akan manfaat kandungan gizi tinggi bagi kesehatan dan kecerdasan,”Sambut Eko.

Bupati Situbondo H dadang Wigiarto SH didampingi wakil Bupati Situbondo, ketua PKK, Dandim 0823 Sutubondo dan undangan lainnya mengapresiasi lomba memasak, berbahan ikan. Diharapkan juga ajang atau even – even serupa bisa terus di adakan bahkan hingga ke tingkat kecamatan agar terus tumbuh kreasi – kreasi kuliner perikanan, menumbuhkan minat masyarakat gemar mengkonsumsi ikan,

“Konsumsi ikan dimasyarakat kita masih rendah, Warga di pelosok kita masih lebih suka mengkonsumsi daging, Kami harap Kadis perikanan bekerja sama dengan Camat adakan pasar ikan murah sebulan sekali, dalam setahun kan bisa 12 kali even, hadirnya PKK juga bisa semarakan semacam ini,’Pinta Bupati.

Ditambahkan oleh H.Dadang bahwa Ketahanan pangan masih menjadi isu penting di samping ketahanan ekonomi, Pemerintah juga terus menggalakkan penanganan pangan yang bersumber dari dinas kelaut Perikanan dala mewujudkan ketahanan pangan dan gizi melalui bahan pangan yang berasal dari ikan.

“Tantangan bagi pemimpin agar kegiatan seperti ini ada tindak lanjut, bukan hanya sekedar di even – even saja, kita punya potensi dari budidaya dan perairan laut kita kurang lebih 150 KM,” Pungkas Bupati. usai pemukulan Gong dan langsung bersama undangan lain mencicipi hasil masakan-masakan yang disajikan oleh sejumlah peserta.(Joe).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *