Amin Ak Ajak Masyarakat Amalkan Pancasila dan Jaga Persatuan di Tengah Pilkada

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Legislator dari Dapil IV Provinsi Jawa Timur, Amin Ak mengajak seluruh masyarakat atau anak bangsa mengamankan sila-sila dari Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya mengajak anak bangsa mengamalkan sila-sila dari Pancasila khususnya sila ketiga yakni Persatuan Indonesia diterapkan dalam menghadapi perbedaan pilihan politik dalam gelaran Pilkada Serentak 2020. Praktik politik yang berpotensi memecah belah anak bangsa mesti dihindarkan karena bertentangan dengan semangat ideologi negara,” kata Amin Ak.

Itu dikatakan anggota MPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Amin Ak saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mawarits An Nabawiyhhah, Tanggul, Jember, Jawa Timur akhir pekan ini.

Anggota Komisi VI DPR RI tersebut kembali mengingatkan pentingnya persatuan dan kesatuan ditengah perhelatan Pilkada serentak tahun ini. “Momentum Pilkada adalah ujian bagi kesungguhan kita sebagai bangsa dalam menjalankan nilai-nilai Pancasila. Pilihan boleh berbeda, tetapi persatuan harus kita jaga,” beber Amin.

Di hadapan santri dan pengasuh Ponpes Al Mawarits An Nabawiyyah, Amin mengatakan, perbedaan pilihan politik harus disikapi secara dewasa berlandaskan ideologi Pancasila dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan diatas kepentingan politik. Pilkada hanyalah bagian dari praktik demokrasi dimana semua warga negara yang punya hak pilih boleh memilih pemimpin secara bebas dan rahasia.

“Tidak Perlu ada konflik karena beda pilihan politik. Semua memiliki tujuan yang sama untuk membangun daerahnya yang lebih baik, dengan cara memilih pemimpin yang bisa membawa kemajuan,” tegas dia.

Pada kesempatan itu, Amin Ak juga meminta agar semua pihak menjaga keamanan dan ketentraman Pilkada. Permainan politik bermuatan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan) harus dijauhi. Apalagi mengadu domba antar satu calon pasangan dengan pasangan lainnya.

“Jauh lebih baik dan terpuji jika masing-masing pihak beradu visi, misi, beradu program sehingga rakyat tahu persis siapa calon pemimpinnya yang layak dipilih. Dengan begitu Pilkada kita akan semakin baik dan berkualitas,” kata Anggota Badan Legislasi DPR RI ini.

Amin mengungkapkan, saat ini Indonesia mengalami resesi ekonomi sebagai dampak pandemi Covid-19. Banyak usaha rakyat yang berhenti beroperasi, gelombang PHK di mana-mana, dan masalah lapangan kerja akan menjadi pekerjaan rumah (PR) terberat siapapun pemimpin yang terpilih nantinya.

“Jangan menambah beban bangsa ini dengan konflik sosial politik. Kita membutuhkan solusi konkret dari calon pemimpin yang maju di Pilkada 2020, dalam merealisasikan kesejahteraan rakyat,” jelas Amin.

Pada kesempatan itu,Amin juga meminta para penyelenggara pemilihan mulai dari tingkat TPS, hingga KPU bersikap adil dan netral termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Ia juga meminta aparat bijak, netral dan proporsional dalam menyikapi dinamika politik sebelum, saat, maupun sesudah Pilkada. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait