Anis: Rumah Tangguh Solusi Cerdas Bangkitkan Ekonomi di Masa Pandemi

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Politisi senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Dr Hj Anis Byarwati mengatakan. Rumah Tangguh Berdaya (RTB) merupakan salah satu solusi cerdas pada saat pandemi virus Corona (Covid-19) meluluh lantakkan hampir semua sektor pembangunan, termasuk ekonomi.

Hal tersebut dikatakan Anis dalam sambutannya sebelum meresmikan RTB di Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Ahad (8/8) siang. Kegiatan yang digagas Bidang Pemberdayaan Jaringan Usaha dan Ekonomi (BPJE) Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Jakarta Timur ini berlangsung secara hybrid dengan peserta offline terbatas dihadiri perwakilan struktur pengurus PKS dan sejumlah tokoh masyarakat. Acara secara virtual dihadiri sekitar 30 pelaku usaha anggota PKS.

Anis menyebutkan, program RTB Matraman terwujud karena semua elemen PKS, baik itu anggota, struktur dan anggota legislatif- memiliki komitmen yang sama untuk berbuat dan melayani masyarakat. “Semua menyadari berada di PKS adalah bagian dari ibadah, sehingga pantang main-main atau tidak serius berkontribusi,” ujar Anis.

BPJE DPD PKS Jakarta Timur melalui berbagai upaya pengelolaan jaringan usaha berupaya tetap dapat berkontribusi kepada masyarakat meski dalam kondisi pandemi.

Dikatakan, Kamar Dagang & Industri (Kadin) Indonesia mencatat lebih dari 6,4 juta pekerja dirumahkan dan terkena PHK akibat pandemi Covid-19. Data BPS menyebutkan, per Februari 2021 terdapat 19,10 juta orang (9,30 persen penduduk usia kerja) yang terdampak Covid-19. Pengangguran karena Covid-19 (1,62 juta orang).

Selain itu, Bukan Angkatan Kerja (BAK) karena Covid-19 (0,65 juta orang), tidak bekerja karena Covid-19 (1,11 juta orang), dan penduduk bekerja yang mengalami pengurangan jam kerja karena Covid-19 (15,72 juta orang). “Melalui RBT kita tunjukkan bahwa PKS menjadi bagian dari solusi permasalahan bangsa,” kata Anis.

Ketua bidang Ekonomi dan Keuangan DPP PKS ini menegaskan, PKS di parlemen memang menjadi partai oposisi. Tetapi, PKS berusaha untuk selalu terdepan dalam melayani dan membantu masyarakat. “Setiap anggota PKS memiliki DNA pelayan masyarakat,” kata dia.

Dia mendukung program RTB ini. “Bukan hanya karena terkait langsung dengan tugas kami di DPR-RI, tetapi karena program ini adalah salah satu inovasi dan solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat saat ini,” demikian Dr Hj Anis Byarwati. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait