Anis Sampaikan Pancasila Sebagai Pedoman Berbangsa dan Bernegara

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Di hadapan ratusan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, akhir pekan lalu, legislator dari Dapil Jakarta Timur, Dr Hj Anis Byarwati menjelaskan tentang Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika.

Anis menjelaskan, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dibangun berlandaskan Pancasila dan ini merupakan kesepakatan pendiri bangsa Negara Republik Indonesia (NRI). Karena itu, Pancasila menjadi elemen penting dalam mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk dari segi suku, agama, bahasa dan budaya. “Menjadi kewajiban seluruh warga negara dan pemerintah Indonesia untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkap Anis dalam paparan dia.

Pada kesempatan itu, Anis juga menyampaikan, para pendiri bangsa yang merumuskan Pancasila, mayoritas adalah para ulama sehingga sila-sila yang terdapat dalam Pancasila memiliki semangat serta sesuai dengan ajaran Islam. Anggota Komisi XI DPR RI ini mengitup sebuah hadits Rasulullah SAW yang berbunyi ‘Hikmah itu adalah barang yang hilang milik orang yang beriman. Di mana saja ia menemukannya, maka ambillah.’ (HR. Tirmidzi), “Karena itu, Pancasila adalah hikmah milik umat Islam yang berharga,” ujar Anis yang juga merupakan Doktor di bidang Ekonomi Syariah itu.

Dalam pertemuan itu, Anis membuka ruang diskusi dengan para peserta yang antusias menyampaikan pertanyaan. Diantara pertanyaan yang mengemuka mengenai hari lahir Pancasila, latar belakang kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI serta perlunya nilai-nilai Pancasila dikuatkan kembali dalam kurikulum Pendidikan dan pelajaran resmi di sekolah khususnya dalam bentuk pelajaran budi pekerti.

Dalam kesempatan itu, Anis menjawab tuntas semua pertanyaan yang diberikan. Para peserta juga menyampaikan apresiasi kepada MPR RI yang telah mengadakan program Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Dengan menyimak materi yang disampaikan, mereka merasa tercerahkan dengan bertambahnya wawasan dan pengetahuan mengenai Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai dasar-dasar dan prinsip-prinsip yang harus dijadikan pedoman dalam berbangsa dan bernegara.

Para peserta juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Anis Byarwati sebagai anggota MPR RI yang telah menunaikan tugasnya sebagai anggota MPR RI dengan baik, diantaranya dengan menjelaskan 4 pilar MPR RI yang begitu dalam dan detail. Para peserta juga bersyukur karena pertemuan ini menjadi ajang silaturahim mereka dengan wakil mereka di MPR RI. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait