Antisipasi Kekurangan Pangan Saat Bencana, LaNyalla Usulkan Food Rescue

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Keluhan pengungsi korban gempa bumi di Majene, Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu mulai kehabisan beras, mendapat sorotan dari Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattlitti.
Sebagai solusi, LaNyalla mengusulkan untuk dibuatkan Food Rescue.
Kondisi Indonesia yang rawan bencana harus diantisipasi. Menurutnya, kebutuhan pangan sangat penting buat para pengungsi. “Artinya kita harus memikirkan membuat produk darurat kebencanaan atau Food Rescue. Hal ini sudah dilakukan Jepang. Mereka memiliki Food Rescue yang tidak perlu dimasak. Hal seperti ini harus dipikirkan,” kata dia, Kamis (4/2).

Dengan Food Rescue, penyaluran bantuan pangan menjadi lebih cepat.
Sedangkan mengenai pengungsi Majene, senator Dapil Jawa Timur itu menghimbau para dermawan mengulurkan bantuan. “Sebagai antisipasi kekurangan beras untuk para pengungsi Majene, solusi sementara adalah mengandalkan dermawan. Namun, hal itu tidak dapat bertahan lama.”

Dikatakan, permasalahan ini harus dipecahkan Bupati dengan cepat, sebab LaNyalla berharap tidak terjadi krisis pangan bagi para pengungsi.
“Keluhan ini harus menjadi evaluasi juga bagi BNPB dan dinsos daerah. Khususnya dalam menjaga ketersediaan stok makanan untuk bencana. Jangan sampai terjadi kekurangan pangan di pengungsian,” demikian AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait