Apa Bisa Upgrade RAM di Smartphone, Ini Jawabannya

  • Whatsapp

beritalima.com | Bisakah RAM pada smartphone ditingkatkan, misalnya dari 512 MB menjadi 1 GB? Jika bisa, apakah hal tersebut membuatnya menjadi lancar atau malah tambah lemot? (Yong Saefudin)

Jawaban:

Secara teori jika kita memiliki alat dan skill, mengganti RAM pada smartphone mungkin saja. Tetapi hampir dipastikan tidak bisa dilakukan oleh orang awam. Berbeda dengan PC atau notebook yang kebanyakan dudukan memory RAM bentuknya berupa slot yang bisa dicabut pasangkan kepingan RAM, chip RAM pada smartphone tersolder paten di atas motherboard.

Belum lagi jika kita memiliki kemampuan, chip RAM ini pun tipenya bermacam-macam dan belum tentu sama satu dengan lainnya, dan untuk membeli kepingan RAM smartphone pun biasanya tidak ada di pasaran bebas.

Jika berhasil pun kita memasangkan RAM yang kapasitasnya lebih besar, belum tentu bisa langsung terbaca oleh Operating System, kemungkinan diperlukan modifikasi OS atau kernelnya. Jadi daripada bersusah payah mengganti RAM, lebih baik membeli smartphone lain yang RAM-nya sudah lebih besar.

Kalau RAM dinaikkan kapasitasnya, seharusnya kinerja smartphone menjadi lebih lancar, karena RAM ini simple-nya adalah tempat berjalannya aplikasi. Lebih besar RAM lebih banyak aplikasi bisa lancar berjalan multitasking.

(red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait