Berikut 5 Cara Menambah Memori HP Tanpa Harus Membeli Baru

  • Whatsapp

beritalima.com | Semakin banyak aplikasi dan games yang kita instal di HP, maka akan membuat memori di HP kita semakin berkurang. Ditambah lagi, jika kamu suka menyimpan foto dan video di dalam HP. Tentunya memori yang tersisa pun semakin sedikit.

Sebelum membeli HP, memang sebaiknya kita memperhatikan kapasitas memori internal yang dimiliki HP tersebut, lalu disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Membeli HP dengan memori internal yang besar juga membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Belum lagi, jika memori internal tersebut tidak cukup sehingga perlu membeli memori baru untuk menyimpan dokumen, foto, atau video yang kita simpan di HP.

Jangan khawatir, sebab ada solusi lain yang bisa kamu lakukan untuk menambah memori HP tanpa perlu membeli memori baru. Bagaimana caranya?
Berikut ini 5 cara menambah memori HP dengan mudah dan gratis, tanpa harus membeli baru.

1. Manfaatkan Fitur Adoptable Storage

Ada fitur yang sangat bermanfaat pada Android Marshmallow yaitu Adoptable Storage. Fitur ini memungkinkan kita untuk membuat memori eksternal menjadi memori internal.

Ya, Adoptable Storage mampu mengubah memori eksternal menjadi perluasan dari memori internal. Google merilis fitur seperti ini diduga untuk mengantisipasi gawai-gawai dari proyek Android One yang rata-rata memiliki memori internal yang kecil.

Hal yang menarik dari fitur ini adalah kita bisa mengubah memori eksternal menjadi memori internal tanpa perlu melakukan root. Caranya, kita hanya perlu memanfaatkan memori eksternal yang ada untuk menambah memori internal di HP.
2. Manfaatkan Aplikasi Google Photos

Suka berfoto atau ber-selfie ria bersama teman-teman? Kamu pasti sering menyimpan puluhan bahkan hingga ratusan foto kamu di HP, bukan? Jika iya, pasti kamu juga pernah mengalami memori internal di HP sudah habis karena banyaknya foto di dalamnya.

Nah, untuk mengatasi memori internal di HP yang habis karena terlalu banyak menyimpan foto, kamu bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan aplikasi Google Photos untuk menyimpan foto di akun Gmail yang kamu miliki. Tujuannya, tentu untuk membagi tempat penyimpanan foto agar memori internal kamu tidak cepat habis.

Salah satu kelebihan dari aplikasi Google Photos adalah kemampuan upload foto dalam format yang standar tanpa batas. Dengan adanya aplikasi ini, kamu pun tidak perlu takut kehabisan memori untuk menyimpan foto-foto kamu. Dan yang lebih menarik lagi adalah setiap foto yang kita miliki bisa dimuat dengan cepat dan ringan tanpa perlu khawatir kehabisan kuota data.

Dengan menyimpan sebagian foto-foto kamu di aplikasi Google Photos ini, memori internal kamu pun tidak akan cepat habis.

3. Manfaatkan Aplikasi Google Drive

Selain Google Photos, ada juga Google Drive yang menyediakan ruang penyimpanan secara gratis sebesar 15 GB. Google Drive bisa kamu gunakan untuk menyimpan foto, video, hingga dokumen-dokumen lainnya yang cukup penting.

Dengan menggunakan Google Drive, kamu pun bisa meng-share file atau dokumen kamu kepada pengguna Gmail lainnya. Dan dengan ruang penyimpanan yang cukup besar itu, kamu bisa menyimpan berbagai foto, video, lagu, hingga dokumen dengan leluasa. Selain itu, kamu juga bisa mengakses file tersebut dengan mudah.

4. Manfaatkan Aplikasi Cloud Storage Lainnya

Selain Google Drive, kamu juga bisa memanfaatkan cloud storage lainnya untuk menyimpan data-data atau dokumen di HP kamu, sehingga memori internal kamu bisa lebih luas.

Cloud storage terbukti sangat mumpuni untuk mengurangi beban di HP. Selain itu, file-file kamu pun bisa diakses kapan saja, bahkan lewat komputer!

Jika kamu tertarik menggunakan cloud storage, tapi masih bingung memilih layanan yang mana, inilah 7 tips yang bisa membantu kamu untuk tahu layanan cloud storage mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

5. Manfaatkan Flashdisk atau Harddisk Eksternal

Jika kamu termasuk orang yang malas menggunakan kuota internet untuk mem-backup file-file kamu di HP ke dalam cloud storage, maka ada cara lain yang bisa digunakan. Caranya adalah kamu bisa menggunakan flashdisk atau harddisk eksternal untuk menyimpan beragam file atau dokumen.

Itulah 5 cara menambah memori di HP dengan mudah dan gratis, tanpa harus membeli memori baru. Melalui 5 cara di atas, memori internal kamu pun bisa diperluas dengan cara yang sangat mudah tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Kamu pun tidak perlu takut kehabisan memori internal saat akan menyimpan data-data atau files yang baru. Selamat mencoba!

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait