Apa itu APN dan Bagaimana Cara Mengubah APN?

  • Whatsapp

beritalima.com | Android memberi para penggunanya banyak opsi penyesuaian, beberapa di antaranya sangat berguna untuk semua orang. Salah satu pengaturan tingkat bawah ini adalah Nama Titik Akses / Access Point Name atau yang lebih dikenal sebagai APN.

Apa itu Access Point Name (APN)?
APN adalah semua informasi yang digunakan ponsel Anda untuk terhubung dengan jaringan operator Anda. Ini mencantumkan alamat yang digunakan ponsel Anda untuk terhubung ke jaringan, port yang digunakan untuk menangani pesan Multimedia Messaging Service (MMS), tipe data yang digunakan APN tertentu, dan informasi lainnya untuk memastikan ponsel Anda berfungsi dengan benar.

Beberapa pengaturan seperti “APN Type” dapat opsional, dan ponsel Anda akan tetap berfungsi tanpa harus 100% benar. Lainnya seperti “MMSC” dan “APN” jauh lebih penting, dan telepon Anda tidak akan berfungsi jika tidak dimasukkan dengan benar.

Untungnya, sebagian besar ponsel memiliki APN untuk built-in common carrier, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan kartu SIM Anda dan membiarkan ponsel Anda melakukan keajaibannya. Ini juga berlaku untuk beberapa operator prabayar, kebanyakan operator yang berada di Indonesia memiliki kartu sim yang juga otomatis mensetting APN tersebut. Seperti XL, Indosat, Telkomsel dan lain lain. Dibawah ini cara mengubah atau menambahkan apn pada ponsel anda.

Cara Menambahkan atau Mengubah APN Anda

Jika Anda perlu mengubah pengaturan APN Anda, itu cukup mudah dilakukan. Mulailah dengan membuka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda. Label menu yang tepat akan bervariasi, tetapi ketuk pada menu mana saja yang menangani pengaturan jaringan Anda. Pada Android 9.0, ini dilabeli sebagai “Jaringan & internet.” Lalu, ketuk “Jaringan seluler.”

  1. Ketuk “Lanjutan.” Geser ke bagian bawah menu, lalu pilih “Nama Titik Akses / Access Point Name.”
  2. Ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas, lalu pilih “APN Baru.”
  3. Pengaturan APN Anda mungkin termasuk dalam paket dengan kartu SIM prabayar Anda, atau Anda mungkin perlu mencarinya. Masukkan detail persis seperti yang mereka daftarkan, lalu ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas, dan pilih “Simpan.”
  4. Anda mungkin juga perlu melakukan perubahan pada APN yang ada. Untuk melakukan perubahan ini, ketuk APN yang ingin Anda ubah. Ketuk pada setiap kategori, lalu perbarui rincian yang diperlukan. Ketuk menu tiga titik dan pilih “Simpan” saat Anda selesai.
  5. APN yang dimuat sebelumnya mungkin tidak dapat diubah, dan jika Anda membukanya untuk melihat detailnya, Anda melihat setiap item berwarna abu-abu. Mengetuk untuk mengubahnya tidak akan terjadi apa pun, jadi Anda harus membuat APN baru jika Anda ingin mengubah sesuatu.
  6. Setelah APN diatur, Anda tidak perlu mengubahnya lagi kecuali jika Anda mengganti operator atau mengatur ulang pabrik telepon Anda.

 

 

Kami juga menyediakan contoh setting APN pada ponsel, kali ini yaitu cara setting APN Indosat sebagai berikut,

Setting APN Indosat
Setting ini merupakan APN resmi dari Indosat Ooredoo

Nama apn :indosat apn 1
APN : indosatgprs
Proxy :10.19.19.19
port : 8080
nama pengguna : indosat
kata sandi : indosat
server : kosongkan (tidak perlu di isi)
mmsc : kosongkan (tidak perlu di isi)
proxy mms : kosongkan (tidak perlu di isi)
port mms ; kosongkan (tidak perlu di isi)
mcc :510
MNC : 01
Jenis autentikasi :
Jenis apn : default,supl
protokol apn : ipv4
protokol roaming apn :ipv4

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait