Awali Tahun Baru, Ratusan Pengungsi Rohingya Tiba Lagi di Aceh

  • Whatsapp

Beritalima.com, Banda Aceh- Tiga Kapal yang sarat dengan pengungsi Rohingnya yang sempat terpantau Diatas Polo Rundo kini telah di temukan terdampar di Desa Lamnga Kecamatan Mesjit Raya Kabupaten Aceh Besar

Informasi yang di himpun Beritalima.com di lapangan sejak minggu 8 Januari 2023 sampai hari ini 09-01-2023 terpantau Ratusan Pengungsi Rohingya Tiba Lagi di Aceh mereka terdampar pada hari ini Minggu sore dan terlihat juga puluhan Pria dan Wanita serta Anak anak terdampar di bibir pantai dengan kondisi mereka sangat lemah saat turun dari kapal mereka.

Tiga kapal pengungsi Rohingya terlihat sekitar lebih kurang 3 mil dari lepas pantai Pulau Rondo Kota Sabang di perbatasan Andaman Samdra India yang tidak tau arah kemana mereka berlabuh.

Onformasi yang dihimpun Tiga Kapal Eknis Rohingya tersebut yang nampak itu telah terpantau dari jarak jauh oleh nelayan Aceh, tiba tiba mereka mendarat di Pantai Lamnga Aceh Besar.

Karo Ops Polda Aceh Kombes Agus Sarjito dan Kapolresta Banda Aceh Kombes Fahmi Irwan Ramli meninjau langsung situasi dan kondisi terdamparnya imigran Rohingya di Pantai Kuala Gigeng Lamnga, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar,

Berdasarkan hasil hitungan pengungsi Rohingya yang terdampar disaksikan tim dari UNHCR, IOM, TNI, dan instansi lainnya,

“Hanya satu kapal yang mendarat. Dari hasil hitungan bersama, ada 184 orang imigran Rohingya yang terdampar,” kata Karo Ops Polda Aceh Kombes Agus Sarjito, di lokasi terdamparnya imigran Rohingya.

Jumlah tersebut, kata Agus, terdiri dari laki-laki dewasa 69 orang, perempuan dewasa 75 orang, dan anak-anak 40 orang.

Saat ini petugas di lapangan sedang melakukan proses evakuasi para imigran Rohingya ke lokasi pengungsian UPTD Dinas Sosial Aceh di Ladong untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Agus mengimbau, agar masyarakat tidak perlu ramai-ramai ke lokasi, karena selain jauh juga akan menghambat proses evakuasi, apalagi akses ke lokasi lumayan sulit,, ucapnya,”(A79

beritalima.com

Pos terkait