Ayo Berolahraga dengan Sehat

  • Whatsapp

Olahraga adalah aktivitas seseorang untuk melatih tubuh baik itu jasmani atau rohani, dimana orang yang melakukan olahraga secara teratur akan mendapatkan manfaat yang berlimpah, seperti tubuh menjadi bugar dan segar, tubuh menjadi seimbang antara berat badan dan tinggi badan, dan badan menjadi atletis.

Banyak orang yang tahu manfaat olahraga bagi kesehatan, namun tidak banyak orang yang tidak tahu cara berolahraga secara benar. Akibatnya, setelah berolahraga bukan kebugaran yang didapat, melainkan badan pegal-pegal dan kondisi fisik yang menurun. Pentingnya mengetahui teknik olahraga yang benar adalah supaya badan sehat, segar, dan kebugaran tubuh meningkat.

Selain kesehatan terjaga, manfaat melakukan olahraga adalah terhindar dari berbagai penyakit. Mulai dari sakit ringan seperti flu, demam, atau pun batuk, sampai penyakit ganas seperti serangan jantung, stroke, maupun gangguan pernafasan.

Berikut beberapa tips-tips berolahraga agar terhindar dari hal yang merugikan.

1. Lakukan pemanasan / warming up
Setiap berolahraga membutuhkan pemanasan terlebih dahulu. Sebelum berolahraga lakukanlah dulu pemanasan yang tujuannya untuk merenggangkan otot, adaptasi tubuh, dan terutama menghindari cedera. Jika anda berolahraga tanpa pemanasan maka sangat berpotensi terkena cedera karena memang otot anda belum dipanaskan / terbiasa. Anda bisa melakukan pemanasan dengan cara lari-lari kecil mengelilingi lapangan, stretching, atau pemanasan lain agar otot anda lemas dan siap untuk bekerja.

“Sebelum berolahraga lakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot-otot kita tidak terkejut pada saat kita melakukan olahraga, ini sangat mempengaruhi, sebab apabila tidak melakukan pemanasan kemungkinan cidera sangat besar”, ujar Rizki mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang.

2. Jangan makan berat sebelum berolahraga
Makan berat idealnya dilakukan 2 atau 3 jam sebelum berolahraga, karena jika anda makan berat 30 menit atau bahkan 15 menit sebelum berolahraga maka dijamin Anda akan lemas, perut terasa panas, dan nyeri di bagian pencernaan / perut kanan. Hindari juga minuman berenergi dan minuman yang mengandung kafein sebelum berolahraga karena jantung Anda akan berdegup kencang dan membuat Anda cepat lelah

“Bagi sebagian besar orang, berolahraga dengan perut penuh bisa menyebabkan reflux (asam lambung naik), cikutan (tersedak), mual, dan muntah, ucap Dr Daniel Vigil, profesor klinik ilmu kesehatan di University of California, Los Angeles.

Namun, ada sebagian orang lainnya yang bisa makan banyak dan tidak mengalami masalah ketika langsung berolahraga, lanjutnya.

Penelitian menunjukkan, makan sebelum berolahraga tidaklah ideal. Menurut Dr Daniel, waktu terbaik untuk berolahraga adalah sebelum makan. Asupan nutrisi setelah berolahraga membantu pemulihan dan meminimalisir kerusakan otot, jelas Dr Daniel.

Meski demikian, jika jadwal Anda mengharuskan Anda makan terlebih dahulu, dia menyarankan untuk menunggu sekitar satu atau dua jam setelah makan untuk berolahraga. Jeda tersebut memberi cukup waktu bagi perut untuk kembali dalam keadaan kosong”, dikutip dari laman Today, Selasa (21/7/2015).

3. Lakukan pendinginan setelah berolahraga
Ketika Anda berolahraga maka otot-otot Anda dalam keadaan tegang, untuk itu Anda wajib melakukan relaksasi atau pendinginan agar otot kembali lemas. Jangan menekuk kaki setelah berolahrga karena itu dapat memicu varises.

4. Jangan langsung mandi setelah berolahraga
Kebiasaan buruk yang harus dihindari setelah berolahraga adalah langsung mandi setelah berolahraga. Saat anda selesai berolahraga dan berkeringat maka saat itu tubuh anda dalam suhu yang panas dan pori-pori kulit terbuka untuk mengeluarkan panas tubuh. Nah jika anda mandi saat seperti itu maka panas tubuh tidak akan keluar dan kerja kelenjar keringat menjadi terganggu.

“Saat keringetan maka pori-pori kulit akan terbuka dan tubuh serta kelenjar keringat bekerja untuk mengeluarkan panas tubuh. Kalau orang langsung mandi maka panas di tubuh ini tidak keluar dan kelenjar keringat tidak bagus kerjanya,” ungkap dr T Bahdar Johan, SpPD dilansir dari laman health.detik.com

5. Hindari minum air es setelah berolahraga
Setalah anda berkeringat dan haus, maka mungkin dalam pikiran anda hanyalah air es yang segar. Tapi jangan salah, minum air es setelah berolahraga justru dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Hal ini dapat menyebabkan Anda dehidrasi

“Namun, terdapat sebuah studi yang mengatakan bahwa orang yang setelah berolahraga mengonsumsi air es (air yang bersuhu terlalu dingin) maka mereka akan lebih sedikit mengkonsumsi air dibandingkan dengan orang yang minum air dingin (air yang bersuhu tidak terlalu dingin) setelah berolahraga. Dari penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa air es (air yang bersuhu terlalu dingin) tidak disarankan untuk dikonsumsi setelah berolahraga karena akan membuat Anda dehidrasi lantaran kekurangan cairan”, dikutip dari laman http://www.klikdokter.com

Semua kebaikan olahraga tersebut tentu bisa didapatkan oleh siapa saja, termasuk anda. Asalkan anda tahu teknik yang tepat seperti persiapan, pemilihan waktu, dan jenis olahraga yang cocok untuk anda. Maka dari itu untuk menjaga kesehatan tubuh kita harus sering berolahraga walaupun hanya sebentar kerena berolahraga dapat membuat kita sehat.(ANDI PUTRA/PNJ)

***
Andi Putra
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *