beritalima.com

Babinsa Panarukan Motivasi Warga wujudkan Desa Mandiri Lewat Sereh Wangi

  • Whatsapp

SITUBONDO,beritalima.com — Jerih payah Sertu Eko Wahyudi Babinsa desa Sumber Kolak kecamatan panarukan dalam membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat binaannya menjadi desa Mandiri melalui budidaya tanaman sereh wangi, semakin menampakkan hasil.

Selain aktif melaksanakan Tugas pokoknya sebagai Babinsa dirinya juga aktif dalam berinovasi mencari kegiatan dalam meningkatkan perekonomian Masyarakat, seperti yang dilakukannya pada akhir – akhir ini yaitu membudidayakan tanaman sereh wangi yang dirintisnya sendiri sejak bulan Juli 2019

Dengan kerja kerasnya tersebut, kini bersama warga Sumberkak dirinya merintis pembangunan penyulingan minyak sereh wangi pertamakali di Situbondo yang sudah mencapai 70 persen.

Sebelumnya Anggota koramil 0823/05 panarukan tersebut dengan menggandeng Himpunan Sereh Wangi Jatim dan LMDH Sumberkak menghijaukan lahan milik perhutani yang awalnya gersang dengan tanaman sereh Wangi.

“Alhamdulilah apa yang kami lakukan direspon luar biasa dari masyarakat dengan pembuatan 3 unit tungku penyulingan yang bertempat di lokasi Peternakan milik Bapak H Suprapto Dusun Pariyaan Utara Desa Sumberkolak,” Kata Sertu Eko. Kamis (9/01/2020).

Warga desa Sumberkolak Anang (35) sangat mengapreasiasi program yang dilakukan Babinsa Eko, selain minyak “Atsiri” yang dihasilkan sereh wangi saat ini mmiliki peluang bagus dipasaran nasional dan internasional, limbah rumput dari sisa penyulingannya juga masih bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak yang nantinya akan di olah dengan sistem fermentasi termasuk juga limbah minyak juga bermanfaat digunakan untuk pestisida.

“Kami sebagai masyarakat sangat berterima kasih dengan inovasi yang dilakukan Babinsa Eko, dimana melalui inovasinya bisa memanfaatkan lahan gersang yang dulunya tidak bisa di manfaatkan namun kini di sulap menjadi lahan hijau dan memiliki nilai ekonomis tinggi bagi masyarakat,” Tandasnya.

Ditemui secara terpisah Danramil 0823/05 Panarukan Kapten Inf Joni Kriswanto menuturkan, bahwa yang dilakukan salah satu Babinsanya dalam mengajak masyarakat membudidayakan tanaman sereh wangi tidaklah mudah, namun dengan Semangat pantang menyerah berbuat untuk Masyarakat hingga kini bisa dipercaya oleh masyarakat.

“Sebagai Pimpinannya saya tetap memotivasi hal positif yang dilakukan Babinsa. Harapan saya apa yang dilakukan Sertu Eko Wahyudi berjalan lancar dan sukses dengan niatnya yang ingin turut serta memperbaiki perekonomian Masyarakat, juga saya berharap semoga hal ini dapat memicu Babinsa yang lainnya,” Sambung Danramil Panarukan.
(Joe)

beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *