Bahasa Inggris? Penting!

  • Whatsapp

beritalima.com – Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang hampir digunakan di seluruh penjuru dunia. Namun, banyak orang yang masih menyepelekan mengenai bahasa Inggris. Menurut Anda, apakah seseorang penting menguasai bahasa Inggris? Seperti yang dilansir okezone.com dengan menguasai bahasa Inggris kita dapat memperoleh banyak keuntungan, seperti, mudah untuk melakukan travelling ke luar negeri, mudah untuk berkomunikasi dengan warga negara asing, mudah untuk mendapat pekerjaan, dan masih banyak lagi keuntungan yang diperoleh jika menguasai bahasa Inggris.
Menurut Silvi Azkia, dosen mata kuliah bahasa Inggris di Universitas Gunadarma, orang Indonesia sulit menguasai bahasa Inggris dikarenakan tidak digunakannya tenses di negara Indonesia.

“Contohnya gini, kalau tenses pada bahasa Inggris untuk mengatakan belajarnya kemarin itu studied, sedang belajar itu is studying. Beda kan di Indonesia, menyebutkan kosa kata belajar ya tetap belajar walaupun waktunya berbeda. Orang Indonesia itu, kalau diajarin hari ini bisa. Besoknya pasti lupa. Satu, karena tidak terbiasa, dan yang kedua, tidak diterapkannya pada kehidupan sehari-hari.”

Banyak sekali metode yang dapat dilakukan untuk menguasai bahasa Inggris, seperti ikut les di luar, menonton film bahasa Inggris, membaca buku bahasa Inggris, namun salah satu yang paling ampuh menurut Silvi adalah mendengarkan lagu berlirik Inggris,
“Dari sekian ribu lagu berbahasa Inggris, There is also favourite song kan? start your favourite song, you should listen every word in the song lyrics, lalu cari apa makna dari lagu tersebut. Dengan kamu cari makna per-kata, kamu akan mulai tahu banyak vocab, melatih pekanya pendengaran kamu terhadap bahasa Inggris, dan lain-lain lah pokoknya.”

Dika Ranti, salah satu murid yang pernah diajar oleh Silvi mengatakan,
“Menurutku, miss Silvi enak banget sih kalau untuk menerangkan. Dia itu, hal apapun kayak dibuat nyata. Jadi, dari diriku juga enjoy untuk belajar bahasa Inggris dengan dia.”
Menurut saya sendiri, bahasa Inggris sangat berguna untuk kehidupan. Khususnya kehidupan yang akan datang, yaitu dunia kerja. Jika menguasai bahasa Inggris, pastinya akan menambah nilai plus pada dalam diri Anda.

Saya mengasah bahasa Inggris melalui baca novel berbahasa Inggris yang rutin paling tidak membaca lima halaman perhari, saya juga mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris yang liriknya saya cari, kemudian dinyanyikan berulang-ulang sambil memahami apa makna lagu tersebut, jika saya menonton Tv series korea atau film berbahasa Inggris, sebisa mungkin saya menggunakan subtitle bahasa Inggris, dan yang sangat sering saya lakukan untuk belajar bahasa Inggris adalah di social media.

Saya mengikuti banyak akun berbahasa Inggris di twitter, lalu mengamati, bagaimana menyusun kalimat yang benar, mencari tahu apa makna kalimat tersebut dan jika menemukan vocab yang belum saya kenal, saya akan menuliskannya di buku kecil. Saya memperhatikan tulisan-tulisan berbahasa Inggris dari vocabnya hingga tensesnya karena yang saya ketahui jika ingin menguasai bahasa Inggris, perbanyaklah vocab dan tentu sambil pahami tensesnya. Setelah itu, jangan lupa untuk menerapkan di kehidupan sehari-hari. Saya biasa menerapkannya di social media dengan menulis apa saja yang saya rasakan, kejadian apa yang terjadi, dan pokoknya saya menulis apa yang ingin saya tulis deh! Yang pastinya dengan bahasa Inggris.

Dari tulisan di atas banyak sekali cara untuk menguasai bahasa Inggris, dan tentunya tidak memerlukan biaya yang mahal kan? Silvi juga menambahkan,
“Yang paling penting adalah niat dari dalam diri ingin bisa berbahasa Inggris, dan singkirkan mindset bahwa bahasa Inggris itu sulit.”

(Penulis : Bunga Limita Khalda L, Politeknik Negeri Jakarta)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *