Bantu Ekonomi Jelang Iduladha, Pemda Sula Salurkan Sembako Murah

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA,beritaLima,com | Menjaga ketersediaan bahan pangan pokok dan daya beli masyarakat terhadap komoditas pangan menjelang Hari Raya Iduladha 2023. Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Maluku Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan (Disketpang) menggelar pasar murah serentak, Senin (26/6/23)

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketpang) Kabupaten Kepulauan Sula, Sitihawa Marasabessy, mengatakan bahwa melalui kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak ini, masyarakat yang berada di sekitar kabupaten/kota pelaksana bisa mendapatkan kebutuhan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau untuk memenuhi konsumsi sehari-hari atau untuk mempersiapkan pelaksanaan hari raya Iduladha.

“Dengan adanya GPM ini maka  masyarakat bisa membeli bahan pangan yang harganya jauh di bawah harga pasar.Namun kata dia,pasar murah ini hanya di prioritaskan kepada masyarakat yang kurang mampu.

Untuk itu, kegiatan GPM ini telah dilaksanakan secara serentak di Indonesia, sehingga kepala Badan Pangan Nasional mengarahkan Pemerintah Daerah untuk bekerja sama dengan Bulog, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Pembinaan Kelompok Kegiatan (Poktan) serta petani di Kabupaten Kepulauan Sula.

“Seperti beras sebanyak 4 ton yang dijual di pasar pangan murah ini didistribusikan langsung oleh Bulog dan masuk di Kepulauan Sula, ini menjadi tanggungjawab kita agar bisa mendapat Harga Eceran Tinggi (HET) serta gula pasir yang di jual di pasar hanya 200 kilo lebih,”katanya.

Selanjutnya, kata Hawa, Ada tiga Dinas yang menggelar kegiatan GPM ini masing-masing mempunyai hubungan kerja yang berbeda-beda, antara lain, Dinas pertanian bekerja sama dengan petani sayur dan Diskoperindagkop bekerja sama dengan petani gula.

“Kegiatan ini dilakukan menjelang hari-hari besar keagamaan dan menjelang Natal dan Tahun Baru, sehingga dapat dilaksanakan pasar pangan murah yang sama dan difasilitasi oleh Badan Pangan Nasional, “pintanya. [dn]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait