Bantu Tingkatkan Ekonomi Warga, Pemkot Madiun Beri Pelatihan Budidaya Lebah Madu

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Guna membantu warga untuk meningkatkan ekonoomi warga, Pemkot Madiun, Jawa Timur, memberikan pelatihan budidaya lebah madu. Bahkan kegiatan tersebut, terus dioptimalkan.

Terbaru, Pemerintah Kota Madiun melakukan pelatihan kepada masyarakat di Kelurahan Nambangan Kidul, Kecamatan Manguharjo, yang dihadiri Walikota Madiun, H. Maidi, Senin 18 Juli 2022.

‘’Kota ini akan kita jadikan pabriknya madu. Antusias masyarakat cukup baik, makanya yang semangat-semangat ini kita beri pelatihan,’’ kata H. Maidi.

Budidaya lebah, tambahnya, tidak perlu memberi makan. Lebah sudah mencari makan sendiri. Artinya, ini tidak perlu upaya ekstra. Pun, cocok dengan masyarakat Kota Madiun yang didominasi pekerja. Perawatan bisa dilakukan sepulang kerja. Hanya, tentu perlu tahu ilmunya.

‘’Lebah bisa mencari makanan sendiri. Tetapi kita juga harus tahu bagaimana membuat lebah itu nyaman dan mudah mencari makanan. Ilmu-ilmu ini bisa maksimal kalau disampaikan ahlinya,’’ ungkapnya.

Walikota tidak hanya mendorong masyarakat untuk pengembangan diri dengan budidaya lebah madu, namun juga memacu masyarakat dengan menggelar lomba. Madu yang dihasilkan akan berkualitas tinggi jika lingkungan sekitar tempat budidaya mendukung. Itu tentu saja tergantung pemiliknya.

“Karena itu, madu yang dihasilkan masing-masing peternak yang mengikuti pelatihan akan dilombakan. Kalau menang kita tambah lebahnya. Jangan baru pelatihan sudah minta tambah lebah. Buktikan dulu, kalau memang berhasil, kita tambah,’’ pungkasnya. (Kmf/editor Dibyo).

H. Maidi (kiri) bawah

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait