Bekerja Bagian Dari Suksesnya Pilkada Mimika 2024

  • Whatsapp

Timika,beritalima.com. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Mimika, Dete Abugau menjelaskan beberapa proses telah dilewati seperti pembentukan Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Hal ini disampaikan ketika menjadi narasumber di Podcast Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah, Kamis (20/6) bersama dengan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kab. Mimika, Yan Selamat Purba dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Mimika, Ignatius Adii.

Dete mengungkapkan, proses pelaksanaan pembentukan PPD dan PPS telah terlaksana dengan baik.

“Kemarin Pemilu, kami evaluasi total, dan untuk Pilkada ini kami pakai PPD dan PPS dari setiap distrik dan kampung kami libatkan, dan bimtek sudah dilakukan,” katanya.

Saat ini, KPU Mimika sementara fokus dengan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). “Itu tanggal 24 nanti pelantikan nanti petugas langsung datangi warga dan melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit).

KPU juga telah melakukan MOU dengan tiga perguruan tinggi yang ada di Mimika agar anak muda dilibatkan.

“Anak muda pasti mengerti penggunaan teknologi karena Pantarlih ini akan turun langsung di masyarakat melalui aplikasi coklit sehingga kami ajar mereka (mahasiswa) dari situ juga kita memberikan edukasi pendifikan politik untuk siap menghadapi pemilu atau pilkada yang akan berjalan,” ujarnya.

Dete juga menjelaskan, pihaknya sudah resmi melaunching maskot dan single yang merupakan pertama kali di Timika. Single dan maskot ini sebagai wujud mengajak masyarakat untuk berpartisipasi untuk menyalurkan hak pilih pada 17 November 2024 mendatang.

Dikatakan, masih banyak lagi tahapan-tahapan yang akan dilalui, namun yang menjadi fokus KPU juga adalah memperkuat keamanan, dukungan semua pihak mulai dari pemerintah hingga seluruh lapisan masyarakat sehingga tahapan Pilkada berjalan dengan lancar dan sesuai aturan.

(Timika/lasatya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait