Beli Asuransi Mobil Terbaik, Pilih yang Berikan Klaim Mudah

  • Whatsapp

Anda pasti sadar pentingnya memberikan proteksi kendaraan dengan asuransi mobil terbaik. Sebab, biasanya jenis asuransi tersebut akan memberikan klaim mudah yang akan membantu Anda saat melakukan proses klaim.

 

Seperti diketahui, asuransi mobil sangat penting dimiliki untuk melindungi kendaraan dari kecelakaan ataupun kejadian tak terduga lainnya yang tentu saja tak diinginkan. Jika belum memiliki produknya, maka asuransi mobil terbaik di sini belinya!

 

Semua produk dari berbagai brand kendaraan di dunia, seperti Toyota bisa Anda dapatkan. Jika Anda pemilik kendaraan keluaran Jepang, maka asuransi mobil Toyota yang pas untuk dipilih.

 

Ada beberapa cara mudah untuk memilih asuransi mobil dengan cara klaim mudah. Namun, sebelum mengetahui cara memilih asuransi mobil dengan proses klaim mudah, baiknya pahami betul asuransi mobil.

Mengenal Lebih Dalam Asuransi Mobil

Asuransi mobil merupakan asuransi yang wajib dimiliki setiap pemilik kendaraan roda empat. Pasalnya, biaya servis mobil bisa sampai jutaan rupiah yang tentunya dapat menguras tabungan.

 

Baik karena kelalaian pengendara lain atau lantaran usia mobil atau karena kesalahan pengendara sendiri, semua kondisi tersebut bisa menyebabkan kendaraan mengalami masalah. Karena itu, anggap saja membayar premi asuransi mobil sebagai tabungan di mana Anda harus melakukan servis kendaraan.

 

Tak hanya menanggung kerugian akibat kerusakan saja, asuransi mobil juga bisa memberikan ganti rugia akibat kehilangan maupun bencana alam. Dengan catatan, sesuai polis asuransi yang disepakati.

Manfaat Asuransi Mobil Berdasarkan Jenis Produknya

Pada dasarnya, ada dua jenis asuransi mobil yang bisa dipilih. Jenis-jenis polis yang dihadirkan oleh perusahaan asuransi mobil terdiri dari:

 

1. Asuransi Total Loss Only (TLO)

 

Arti asuransi TLO adalah memberikan manfaat kendaraan bermotor maupun mobil berupa ganti rugi jika mengalami kerusakan total. Yang dimaksud kerusakan total dalam jenis asuransi TLO adalah nilai kerugiannya mencapai lebih dari 75 persen dari harga kendaraan saat itu.

 

Adapun pertanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi yaitu ganti rugi hingga penggantian mobil baru. Tergantung pada polis yang dipilih.

2. Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil All Risk atau dikenal juga dengan comprehensive adalah manfaat asuransi kendaraan bermotor dan mobil yang menanggung kerugian lebih lengkap, baik kerusakan ringan maupun parah.

 

Jadi, tidak hanya risiko mobil hilang dan terperosok saja, melainkan kerusakan ringan seperti lecet dan penyok juga akan ditanggung oleh asuransi.

 

Karena itu, tidak heran jika biaya premi asuransi mobil untuk perlindungan All Risk umumnya lebih mahal di bandingkan dengan jenis TLO.

Cara Memilih Asuransi dengan Klaim Mudah

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

 

Lakukan riset sebanyak mungkin dari asuransi satu ke yang lainnya sebelum membeli asuransi dari berbagai penyedia. Pastikan Anda melakukannya ke beberapa pilihan asuransi ternama.

 

Anda bisa melakukannya dengan bertanya langsung kepada pihak asuransi atau melalui media sosial mereka.

 

Contohnya, jika Anda memiliki mobil Toyota, tanyakan saja asuransi yang tepat untuk mobil Anda. Tanyakan informasi secara detail agar Anda bisa membandingkan proses klaim dengan jeli.

2. Jenis Asuransi yang Dipilih

Perhatikan jenis asuransi mobil yang diinginkan. Ini merupakan cerminan dalam proses riset asuransi mobil. Anda bisa membandingkan dua jenis asuransi mobil, yaitu All Risk atau comprehensive dan Total Loss Only (TLO) yang mana dari kedua jenis tersebut berbeda.

 

Proses dan fasilitas klaimnya juga berbeda sehingga Anda harus mengetahui secara mendetail terkait kedua jenis asuransi itu. Asuransi mobil All Risk memberikan perlindungan secara total pada mobil Toyota Anda, apapun kerusakannya pihak asuransi akan mengklaim kerusakaannya sesuai dengan ketentuan.

 

Sementara asuransi TLO tidak memberikan jaminan perlindungan seratus persen pada kerusakan mobil Toyota Anda. Anda bisa mencairkan asuransi ini bila kerusakan mobil di atas 75%.

 

Selain itu, penting untuk melakukan riset dan mengetahui track record dari perusahaan asuransi tersebut. Yang paling penting adalah seberapa besar tingkat solvabilitas atau risk based capital dari perusahaan asuransi itu.

 

Risk based capital merupakan metode perhitungan untuk menentukan apakah perusahaan asuransi tersebut berada di tingkat sehat secara finansial untuk membayarkan seluruh tanggung jawabnya.

 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewajibkan seluruh perusahaan asuransi memberi tahu kepada nasabahnya seberapa jauh tingkat RBC perusahaan asuransi tersebut.

3. Beli Asuransi Sesuai Kondisi Mobil

Pemilihan asuransi mobil Toyota yang tepat dengan cara klaim mudah menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan mobil Anda. Dua jenis asuransi, baik TLO dan All Risk memiliki keuntungan yang berbeda.

 

Keduanya sama-sama bagus tetapi harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk asuransi TLO, mobil baru dan lingkungan dengan kriminalitas tinggi lebih cocok. Sedangkan, untuk arus lalu lintas padat, sebaiknya Anda memiliki asuransi All Risk.

4. Bertanya kepada Konsultan atau Agen atau Marketplace Asuransi Terpercaya

Jika masih merasa ragu dan khawatir terhadap manfaat pertanggungan yang akan diperoleh, jangan sungkan langsung bertanya kepada konsultan asuransi atau agen atau marketplace asuransi yang terpercaya agar dapat menjawab seluruh pertanyaan Anda.

 

Salah satunya, Duitpintar.com, marketplace produk asuransi online terpercaya yang terdaftar dan mendapatkan izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Itulah pemaparan mengenai asuransi mobil terbaik dan cara klaimnya yang mudah. Semoga sudah bisa menjawab pertanyaan ya!

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait