BEM UNAIR Luncurkan Aplikasi Guna Membantu Mahasiswa UNAIR

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com |
Dunia Industri dalam era new normal hari ini semakin berkembang pesat di Indonesia. Pengoptimalisasian penggunaan media digital pun semakin disarankan penggunaanya sehingga mempengaruhi aspek kecepatan sarana komunikasi dan informasi untuk diterima.

Kementerian Media dan Informasi (Medinfo) BEM Universitas Airlangga (UNAIR) baru saja meluncurkan aplikasi bertajuk ASA UNAIR pada Senin (7/6/2021) secara offline di Aula Amerta Gedung Rektorat Kampus C. ASA UNAIR sendiri merupakan akronim dari Aplikasi Bersama Arek UNAIR.

Dipaparkan oleh Menteri Medinfo BEM UNAIR, Rahmat Bayu, Aplikasi ini pertama kali tercetus karena realita mahasiswa yang kebingungan bagaimana melaksanakan kegiatan organisasi mereka semasa perkuliahan online. Oleh karenanya, timbul pemikiran untuk menciptakan sebuah wadah berupa aplikasi yang mampu memberikan informasi.

Guna menjawab keresahan para mahasiswa UNAIR, dan sekaligus merealisasikan gagasan terkait pembuatan aplikasi, Medinfo BEM UNAIR melibatkan banyak pihak untuk bekerja sama.

“Kami juga melibatkan Direktur Sistem Informasi (DSI) UNAIR untuk pengarahan dan peminjaman alat. Selain itu, kami bekerjasama dengan vendor untuk pengaplikasiannya,” ujar Mathew panggilannya.

Pada momen wawancara bersama Rahmat Bayu, dikabarkan oleh pihaknya bahwa aplikasi ASA UNAIR itu menampilkan fitur-fitur berupa beasiswa, magang, lowongan kerja, informasi akademik, informasi ormawa, serta marketplace.

“Bukan sekedar memfasilitasi, aplikasi ASA UNAIR juga mampu membantu mahasiswa dalam pengembangan dan menjalin kerja sama terkait project. Karena aplikasi ini juga menampilkan informasi akademik seperti project ilmiah dan karya ilmiah mahasiswa UNAIR,” jelas Mathew.

Sedangkan untuk fitur ormawa, mereka dapat memaparkan program kerja ataupun mempromosikan organisasi mereka.

Berkaitan dengan promosi, fitur marketplace sendiri menurut penjelasan Mathew ditujukan kepada para mahasiswa yang memiliki usaha atau sedang merintis usaha agar dapat mempromosikan usahanya di ASA UNAIR.

Dengan begitu, aplikasi ini tidak hanya menampilkan informasi, tapi sekaligus bonus yang menguntungkan sekaligus terfasilitasi bagi mahasiswa dan register ASA UNAIR.

Oleh karena itu, bagi mahasiswa UNAIR maupun non-UNAIR saat ini Aplikasi ASA UNAIR sudah dapat didownload di playstore bagi pengguna android. Sedang, bagi pengguna iphone, aplikasi ini masih diproyeksikan kedepannya agar semua mahasiswa baik android maupun IOS dapat menikmati fitur-fitur ASA UNAIR. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait