Walikota Madiun Minta Mahasiswa Terus Menggali Nilai Nilai Pancasila

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Walikota Madiun, Jawa Timur, meminta mahasiswa menggali nilai nilai yang terkandung dalam ideologi negara. Yakni Pancasila.

Hal tersebut disampai Walikota Madiun, H. Maidi, saat menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Pemantapan Nilai Nilai Ideologi Pancasila Bagi Mahasiswa, dengan tema “Membumikan Pancasila di Kalangan Generasi Muda Sebagai Upaya Menjaga Identitas dan Jati Diri Bangsa di Tengah Kemajuan Peradaban”, yang digelar Pemkot melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Madiun di gedung Diklat, Jalan Duku, Kota Madiun, Kamis 10 Juni 2021.

“Pancasila sebagai ideologi bagi bangsa Indonesia, salah satunya gererasi muda, yakni mahasiswa. Mahasiswa harus banyak belajar dan kemudian diterapkan sesuai nilai nilai Pancasila,” ucap H. Maidi.

Mahasiswa, lanjutnya, baru menjalankan satu generasi. Karena mereka belum bisa menjalankan generasi berikutnya atau generasi tua. Sehingga mahasiswa harus banyak menggali ilmu.

“Salah satunya ideologi Pancasila. Itulah salah satu yang harus digali dan dijaga. Tidak hanya dihafalkan. Mahasiswa yang akan membawa perubahan, nilai nilai ideologi Pancasila, harus melekat pada dirinya. Mulai dari perbuatan, tingkah laku, betul betul harus didalami. Sehingga masa muda tidak sia sia. Jangan hanya melulu belajar,” tandasnya.

Mengamalkan butir butir Pancasila yang ada, paparnya, calon pemimpin maupun pemimpin yang sempurna, itu menjadi suatu pegangan.

“Fungsi Pancasila sebagai ideologi, dapat memperkokoh persatuan bangsa. Karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk. Beraneka ragam suku. Ibarat taman, kalau warnanya hijau semua, tidak indah. Tapi kalau warnanya macam macam macam, jadi indah. Kalau warna warni tidak indah, itu buta warna,” tegasnya.

Menurutnya lagi, seorang pemimpin yang bagus dan berhasil, masa mudanya menyerap ilmu ilmu kemajemukan.

“Seorang pemimpin harus mendalami kemajemukan yang ada dalam Pancasila,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Madiun, Tjatoer Wahjoedianto, mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk upaya meningkatkan pemahaman akan nilai nilai Pancasila sebagai dasar negara. Sehingga mampu mewujudkan gerasi muda yang berkepribadian dan berkarakter Pancasila.

“Selain itu, kegiatan ini juga memiliki tujuan agar nantinya para mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, mampu mengimplementasikan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan Kota Madiun yang aman, makmur dan sejahtera,” terang Tjatoer. (Dibyo).

H. Maidi (atas) kanan.

Pos terkait