Bentuk Transparansi, Pemerintah Gampong Baro Sahkan dan Tetapkan APBG 2020 Secara Musyawarah

LANGSA-ACEH, Beritalima.com| Pengesahan serta penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) Tahun 2020 digelar secara transparan dan musyawarah di aula kantor Geuchik Gampong Baro Kecamatan Langsa Lama, Jum’at (14/02).

Pengesahan dan penetapan APBG Tahun 2020 turut di hadiri pihak Kantor camat yakni Kasie PMMG Adi Wijaya, SH, Ketua Tuha Peut Drs. M.Nur Djum, Wakil Ketua Tuha Peut Bambang Turpriono, ketua TP PKK Ny. Rina Ratnasari, unsur pemuda, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan seluruh anggota Tuha Peut lainya.

Geuchik Gampong Baro Kecamatan Langsa Lama, Wahyu Sadli menyampaikan, kegiatan ini lanjutan dari musyawarah perencanaan pembangunan Gampong (MPPG) Tahun 2020.

Sesuai dengan aturan, anggaran dari semua program kegiatan desa, yakni ADD, dan DD semua anggaran dialokasikan ke beberapa kegiatan program pembangunan Gampong.

“Kegiatan penetapan anggaran APBG tahun 2020 ini dilakukan secara transparan serta melibatkan seluruh unsur, seperti pihak kecamatan, Tuha Peut, Pemuda, TP PKK, serta tokoh adat dan tokoh masyarakat,” terang Geuchik.

Sehingga diharapkan kedepan program berjalan lancar serta kondusif secara transparan.

“Hal ini merupakan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa serta sesuai PermendesaPDTT No 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020 Pasal 12, bahwa Prioritas penggunaan Dana Desa untuk program dan kegiatan bidang pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa”, tambah Wahyu.

Wahyu menjelaskan, musyawarah Gampong merupakan wadah masyarakat untuk menyampaikan aspirasi sebagai perwakilan dari masing-masing lingkungan di tingkat dusun.

“Diharapkan dari semua perwakilan masyarakat aktif untuk menyampaikan pendapat sehingga hasil keputusannya bisa berkualitas, yang terpenting adalah terciptanya kecintaan terhadap masyarakat Gampong, sehingga warganya memiliki kesadaran dalam pelaksanaan APBG Tahun 2020 ,” pungkas Wahyu. (Dhani Atjeh).

Teks Foto : Kebersamaan Geuchik dan Perangkat Gampong Baro Langsa Lama di Selah Penetapan dan Pengesahan APBG Tahun 2020.