Berbasis Masjid, Aksi Cepat Tanggap Jember Perkenalkan Program Wakaf Modal Usaha Mikro

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Aksi Cepet Tanggap Jember perkenalkan program Wakaf Modal Usaha Mikro (WMUM) sebagai solusi penyediaan modal bagi pelaku usaha Mikro yang terdampak pandemi Covid-19. Bertempat di Masjid Al- Muttaqin Jl. KH. Siddiq Talangsari Jember, ACT bersama Dewan Takmir Masjid menyerahkan bantuan modal usaha kepada 10 pelaku UMKM yang terdampak pandemi yang sebelumnya telah di data dan dilakukan Assasment oleh Takmir Masjid Al-Muttaqin.

Dani Ardissa Selaku Staff Program ACT  Menjelaskan Selain penyerahan modal usaha, nantinya para pelaku UMKM juga akan diberikan pendampingan oleh pendamping terlatih yang telah disiapkan tim ACT agar usaha yang berjalan dapat lebih berkembang “wakaf modal usaha ini bukan hanya tentang pemberian modal kepada pelaku UMKM saja, namun diharapkan program ini memberikan keberlanjutan dan kamajuan usaha bagi pelaku UMKM yang terdampak Pandemi dengan memberikan pendampingan secara berkala” jelasnya.

Dalam melaksanakan pendampingan nantinya pelaku UMKM penerima manfaat akan mendapatkan pelatihan berupa pemanfaatan dana, menejemen keuangan, pemasaran dan Branding yang dapat bermanfaat bagi keberlanjutan usaha.

Selain Pendamping yang telah disiapakan oleh tim ACT, nantinya pihak takmir Masjid juga memiliki peran yang sama untuk terus mendampingi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya karena program ini diharapkan selain mempu membatu pelaku usaha terdampak pandemi juga mempu memberikan nilai lebih kepada Masjid.

Zaky Noerahman Selaku Partnership ACT menjelaskan alasan ACT melibatkan masjid dalam program ini adalah ingin mengembalikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat muslim sebagai pusat ekonomi, Pendidikan dan berbagai kegiatan lain mengingat hingga saat ini banyak masjid yang hanya difungsikan sebagai tempat tempat ibadah, “kita melibatkan masjid dalam upaya mengembalikan fungsi masjid agar tidak hanya sebagai tempat ibadah saja tapi juga menjadi pusat ekonomi bagi masyarakat sekitar, nantinya takmir masjid juga kita libatkan dalam pendampingan UMKM sehingga kedepan masjid juga bisa mengembangkan program ini lebih luas lagi”

Sementara itu Agus Windarto selaku Takmir Masjid Al-Muttaqin  mengapresiasi adanya program Wakaf Modal Usaha Mikro  ini, Dirinya menyebut bahwa saat ini masjid juga sedang mengupayakan gerakan yang dapat membantu warga sekitar masjid dengan cara-cara yang tetap mengedepankan nilai-nilai agama dan kemanusiaan “kami siap membantu apapun yang dibutuhkan warga dan nanti akan kami sampaikan ke  ACT, karena sesungguhnya masjid ini bukan hanya sebagai tempat ibadah namun juga sebagai pusat kegiatan masyarakat, dan kita siap untuk menjembatani itu” tutupnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait