beritalima.com

Berikut 7 Ciri Vagina Sehat

  • Whatsapp

beritalima.com | Setiap wanita penting untuk menjaga kesehatan anggota tubuhnya masing-masing, terkhususnya alat reproduksi. Padahal, menjaga kesehatan vagina penting untuk dilakukan setiap hari.

beritalima.com

Dilansir dari Mayo Clinic, masalah pada vagina dapat memengaruhi tingkat kesuburan Moms, keinginan untuk berhubungan seks, dan kemampuan untuk mencapai orgasme.

Masalah kesehatan vagina bisa menyebabkan stres dan dapat berdampak juga pada rasa kepercayaan diri dan hubungan Moms dengan pasangan.

Untuk itu, ketahui ciri-ciri vagina yang sehat, tahapan tepat untuk membersihkan vagina, serta cara ampuh untuk menjaga kesehatan vagina.
Begini Ciri-ciri Vagina Sehat

Dilansir dari Healthline, memeriksakan kesehatan vagina bisa Moms lakukan sendiri di rumah. Adapun alat yang dibutuhkan adalah cermin, bantal, senter kecil, dan sarung tangan.

Sebelum Moms mengecek area vagina, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dulu, ya. Nah, adapun beberapa ciri-ciri vagina sehat, yaitu:

Tidak terdapat luka atau benjolan pada area vulva hingga dinding vagina;
Warna cairan pada vagina bening atau putih susu. Jika terdapat bau tidak sedap atau menyengat pada vagina, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter;
Sama halnya dengan warna cairan, umumnya vagina memiliki bau yang khas dan tidak mencolok. Untuk itu, membersihkan vagina tidak perlu pakai sabun pewangi;
Vagina terjaga kelembapannya dengan baik. Artinya tidak terlalu kering atau terlalu lembap;
Kulit di sekitar area vagina tetap sehat dan tidak iritasi;
Vagina tidak terasa gatal;
Setiap wanita memiliki warna vaginanya masing-masing. Namun, ketika warna vagina berubah menjadi kemerahan disertai rasa gatal, hati-hati karena bisa menjadi gejala dari gangguan kesehatan tertentu.

Itulah yang menjadi ciri-ciri vagina sehat. Artinya, ketika kesehatan vagina terjaga dengan baik, maka fungsinya juga bisa berjalan optimal.

Sebaliknya, gangguan vagina bisa terlihat ketika Moms memiliki siklus menstruasi yang tidak lancar, sakit saat buang air kecil, sering merasa nyeri saat berhubungan intim, dan sulit mencapai orgasme.
Tips Menjaga Vagina Agar Tetap Sehat

Menjaga kesehatan vagina harus dilakukan setiap hari agar membantu menjaga vagina agar selalu berada dalam kondisi yang baik. Hal ini termasuk di antaranya diet sehat dan melakukan olahraga yang tepat.

“Olahraga membantu menjaga fungsi vagina dengan baik, seperti berjalan dan berlari membantu dasar panggul untuk menguatkan dan memastikan kebugaran vagina. Atau Moms bisa mencoba latihan dasar panggul,” ungkap Dr. Suzy Elneil, konsultan uroginekologi dari University College Hospital, London.

Diet yang sehat bisa didapatkan dengan menjaga nutrisi dan gizi yang masuk ke dalam tubuh dengan seimbang, serta mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji. Hindari juga gaya hidup yang buruk seperti merokok dan minum alkohol.

Selain olahraga dan diet yang sehat, cara menjaga kesehatan vagina dengan membersihkannya dengan tepat.
Cara Membersihkan Vagina dengan Tepat

Jika Moms masih sering mencuci area vagina dengan sabun wangi atau cairan antiseptik, sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini, ya!

Nyatanya, memakai produk-produk tersebut dapat memengaruhi keseimbangan bakteri dan tingkat pH di vagina, sehingga bisa mengakibatkan iritasi.

“Vagina akan membersihkan dirinya sendiri dengan cairan vagina yang keluar. Jadi, lebih baik pakai sabun biasa yang tidak berbau untuk mencuci area sekitar vagina, serta dilakukan dengan lembut setiap hari,” lanjut Dr. Suzy, menjelaskan.

Selain itu, hindari membersihkan vagina dengan douche karena dapat mengganggu bakteri vagina normal.

Faktanya, kebiasaan melakukan douching vagina malah meningkatkan risiko terhadap infeksi menular seksual dan infeksi pada vagina.

Ingat, membersihkan vagina dengan tepat membuat fungsi vagina dapat berjalan dengan baik, ya, Moms. Yuk, jaga kesehatan organ intim mulai dari sekarang!

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait