Berita Video : Tsunami Hantam Busan Korsel

  • Whatsapp

Seoul – Topan Chaba menyapu bagian selatan Semenanjung Korea pada Rabu, 5 Oktober 2016 kemarin, badai itu membuat Tsunami besar dan banjir. Sedikitnya dilaporkan puluhan orang tewas dan ratusan lainnya diungsikan.

Berita tentang topan Chaba di Korea Selatan dan Jepang ini juga menjadi trending topic di Twitter hari ini.

Kementerian Keamanan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan menyebutkan Pulau Jeju dan kota-kota di barat daya, termasuk Busan dan Ulsan, adalah yang paling parah terkena dampak setelah diterjang topan pada Selasa malam, 4 Oktober, dan Rabu siang, 5 Oktober 2016.

Selain korban jiwa dan bangunan yang hancur, topan tersebut juga membawa kehancuran bagi industri. Situs-situs industri dan pabrik utama Negeri Ginseng tersebut luluh lantak oleh badai yang menyerupai tsunami ini.

Produksi pabrik perakitan mobil Hyundai Motor di Ulsan, yang memproduksi mobil Accent dan Santa Fe, dihentikan sementara karena banjir. Sedangkan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co di Pulau Geoje juga menunda operasional kapal-kapalnya.

Kini pelabuhan, bandara, serta stasiun kereta dan terminal bus ditutup menyusul badai tersebut. Lebih dari 120 penerbangan ditunda sehingga ribuan penumpang telantar. Pengoperasian kereta api berkecepatan tinggi KTX di daerah selatan juga dihentikan.

Tayangan televisi menunjukkan banjir besar di bagian Ulsan dan Busan, dengan ribuan mobil dan sebagian bangunan terendam dan gelombang badai yang terus memukul blok apartemen di dekat pantai.

Kementerian Keuangan Korea Selatan memutuskan pada Rabu bahwa akan menggelontorkan dana darurat untuk memberikan bantuan secepatnya bagi korban.

Simak video lengkap :

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *