Berkunjung ke Situbondo, Menparekraf Sandiaga Uno Resmikan Wonorejo Desa Terbaik ADWI 2023

  • Whatsapp
Menperekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke Situbondo. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jumat (11/8/2023) sore. Rombongan Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini disambut langsung oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi.

Dari pantauan Jurnalis Memo Indonesia.com, Sandiaga Uno tidak datang sendiri, ia turut serta membawa YouTuber terkenal, Toriq Halilintar.

Ratusan warga sudah menunggu kedatangan di sepanjang jalan dari Balai Desa Wonorejo hingga ke Pantai Pandean terlihat senang dan antusias saat Sandiaga Uno dan rombongan melewati jalan tersebut.

Kepada awak meria, Sandiaga Uno menyampaikan, keunikan Desa Wonorejo yakni di seni dan budayanya. Selain itu, pluralisme di desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyuwangi ini sangat kental.

“Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI -red) Tahun 2023. Ada 75 desa wisata terbaik, salah satu yang kami pilih adalah Desa Kebangsaan Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno menyampaikan, Desa Wonorejo punya keunggulan lain. Yaitu sebagai desa penyangga Taman Nasional (TN) Baluran. “Jadi saya berharap Pokdarwis di Desa Wonorejo ini harus bisa memanfaatkan keunggulan itu,” imbuhnya.

Politisi PPP ini memastikan, pemerintah pusat hingga daerah bakal terus meningkatkan kolaborasi untuk mewujudkan desa wisata berkualitas dan berkelanjutan.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi menegaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo berkomitmen untuk mendukung Pemdes Wonorejo. Sehingga desa tersebut menjadi juara kesatu ADWI Tahun 2023.

“Semoga Desa Wonorejo menjadi desa terbaik kesatu. Mas Menteri (Sandiaga Uno -red) dan tim juri saya tidak minta nilai banyak-banyak. Saya tidak mau nilai 1000, 2000 tidak, yang saya mau cukup nilai 1 saja,” ucap pria yang akrab disapa Bung Karna ini.

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf RI, Sandiaga Uno menandatangani plakat peresmian Desa Kebangsaan Wonorejo sebagai 75 desa wisata terbaik di Indonesia Tahun 2023. (*/Bet/Rs)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait