Bima Arya : Besok, Sekretaris Daerah Baru Diumumkan

  • Whatsapp

BOGOR, Beritalima.com | Setelah semua tahapan open bidding selesai, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, akan mengumumkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor yang baru besok, Rabu (30/9).
Bima mengaku, rencananya pengumuman akan dilakukan sebelum rapat paripurna di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor.
“Insya Allah namanya sudah ada. Besok sore sebelum paripurna akan diumumkan. Terus Kamis pagi, Sekda baru dilantik,” ujar Bima, Selasa (29/9).


Seperti diketahui jabatan Sekda Kota Bogor Ade Sarif Hidayat berakhir Rabu (30/9). Dan untuk menentukan penggantinya dilakukan lelang terbuka.
Pada proses open bidding, ada tiga nama yang berebut kursi nomor tiga di Kota Bogor tersebut dua dari internal dan satu diantaranya dari eksternal.
Dari Internal, salah satunya adalah Firdaus yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS).


Kemudian Hanafi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kota Bogor, dan dari eksternal adalah Syarifah Sofiah Dwikorawati, sebagai Kepala Bappedalitbang di Kabupaten Bogor.
Sebelumnya ketiga calon ini telah mengikuti tahapan seleksi yang diadakan oleh Panitia Seleksi pada beberapa waktu lalu.
Sebelumnya, Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim mengatakan proses open bidding memang sangat terbuka bisa diikuti semua orang yang memang mempunyai kompetensi.
“Mereka para pendaftar akan mengikuti proses pansel dan para anggota pansel yang terdiri dari berbagai komponen dan unsur,” kata Dedie beberapa waktu lalu.


Anggota Panselnya, kata Dedie ada dari kalangan akademisi yaitu Rektor IPB dan Unpak, serta unsur pemerintahan. “Mereka akan bekerja untuk menghasilkan tiga orang untuk diserahkan ke kepala daerah,” ucap Dedie.
Dia menuturkan, ketika semua berkompetisi dan mengikuti seluruh tahapan seleksi, maka siapapun nanti yang lolos menjadi tiga besar dan dipilih, tentunya atas pertimbangan pertimbangan yang sangat tepat.
“Buat kami siapapun yang memenuhi syarat dan berpotensi, akan menjadi pertimbangan untuk dipilih oleh kepala daerah,” jelasnya.
Ketika ditanyakan soal kriteria Dedie menuturkan, Sekda yang baru nanti harus orang yang memiliki integritas tingfi, memiliki kapasitas.
Meliputi profesionalisme dan pekerja keras, memiliki kompetensi tinggi, network yang baik dan pengetahuan administrasi cukup. Selain itu mampu memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dan memiliki leaderhip yang cukup.
Selain itu juga harus memiliki integritas dan mampu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan, karena disini ada legislatif dan yudikatif, serta unsur komponen masyarakat.
Fredi AndiBeritalima.com

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait