BINUS-ASO Rayakan Satu Dekade Mencetak Engineer Berkualitas

  • Whatsapp

TANGERANG, Beritalima.com-
Dengan pesatnya perkembangan era digital saat ini, kebutuhan industri terhadap tenaga insinyur terus berubah. Insinyur modern harus menguasai literasi dan analisis data, memiliki kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah kreatif, dan berorientasi terhadap kepuasan pelanggan.

Sebagai institusi pendidikan yang sudah berdiri selama 10 tahun, BINUS-ASO School of Engineering (BINUS-ASO) menyadari hal tersebut. Oleh karena itu, perayaan satu dekade BINUS-ASO ini bertemakan ‘A Decade in Shaping Future Engineering Leaders’ dan di- selenggarakan pada tanggal 28-29 Juni 2024 di kampus BINUS @Alam Sutera, Tangerang. Perayaan juga dihadiri oleh Managing Director BINUS-ASO School of Engineering, Mr. Koichi Ito.

Pencapaian BINUS ASO dalam Satu Dekade

BINUS-ASO School of Engineering berdiri pada tahun 2014 merupakan hasil kerjasama BINUS University (Indonesia) bersama dengan ASO College Group (Jepang). Selama 10 tahun berdiri, BINUS-ASO telah mencetak banyak prestasi yang menunjukkan komitmennya untuk menghasilkan tenaga lulusan berkualitas di bidang teknik.

Hal ini terbukti dari kedua program studi unggulannya yang memiliki tingkat penyerapan lulusan dalam industri sebesar 100%, yaitu Automotive Robotics Engineering (ARE) dan Product Design Engineering (PDE).

Saat ini, BINUS-ASO juga memiliki program baru, yaitu program Business Engineering. Dalam hal kurikulum, BINUS-ASO menerapkan pembelajaran holistik menggabungkan teori, pelatihan praktik, sekaligus banyaknya kesempatan untuk menerapkan ilmu secara nyata.

Tingginya tingkat penyerapan industri tidak terlepas dari hubungan kemitraannya yang sinergis dalam berbagai kegiatan akademik maupun non akademik, antara lain kerjasama internship, rekrutmen lulusan, dosen tamu, FGD kurikulum, riset maupun kerja sama dalam bentuk lainnya.

Sejak awal berdiri, BINUS-ASO sudah bekerja sama dengan banyak perusahaan dan lembaga diantaranya Toyota, Astra Honda Motor, Polygon, Vivere, BCA, Blibli, Kawan Lama Group dan Wings Group.

Sorotan Karya-Karya Inovatif BINUS ASO dalam 10 Tahun
Sepuluh tahun perjalanan BINUS-ASO di bidang otomotif, teknik, dan robotika tidak terpisah- kan dari karya-karya sivitas akademikanya.

Untuk mengapresiasi inovasi dan kreativitas mereka, acara perayaan ‘A Decade in Shaping Future Engineering Leaders’ akan menyoroti pameran karya para mahasiswa BINUS-ASO dari ketiga prodi, yaitu Business Engineering, Automotive Robotics Engineering, serta Product Design Engineering.

“Melalui pameran ini, mahasiswa berkesempatan memperkenalkan hasil riset dan rancangan mereka kepada berbagai kalangan, mulai dari masyarakat awam hingga ahli dari industri. Dengan demikian, mereka dapat menjalin network yang berharga untuk mendukung karier ke depannya,” jelas Prof. Dr. Eng. Fergyanto E. Gunawan, Dekan BINUS-ASO School of Engineering.

Tak sampai di sana saja, ada juga Industry Gathering dan Alumni Gathering yang akan mempertemukan 332 lulusan BINUS-ASO sejak awal berdiri dengan para key figure dari industri.

“Kami mengundang perwakilan industri untuk memberikan apresiasi karena telah banyak berkontribusi dalam kemajuan BINUS-ASO. Kami juga berharap mereka dapat mengenal lebih dekat BINUS-ASO, sekaligus menjajaki peluang kerjasama baru yang bisa dikembangkan dan bermanfaat bagi kedua belah pihak,” ujar Yeni Mukti, Employability & Entrepreneurship Center Manager – BINUS @Alam Sutera.

Terkait dengan alumni gathering, Agus Edy Sutomo selaku Alumni Relations Office Manager – Global Employability & Entrepreneurship BINUS University menambahkan, bahwa acara tersebut diharapkan dapat menguatkan jejaring sesama alumni.

“Alumni gathering perdana BINUS-ASO diharapkan dapat menguatkan jejaring sesama alumni dan juga sebagai upaya menjaga relasi alumni dengan almamater. Sehingga tercipta hubungan mutualisme yang solid dalam mewujudkan semangat fostering and empowering sesuai visi misi universitas,” sambungnya.

Rangkaian Acara Seru untuk Rayakan Perjalanan 10 Tahun
Mata acara perayaan satu dekade BINUS-ASO tidak terbatas pada pameran karya, Alumni Gathering, dan Industry Gathering. Sebab, hadirin juga bisa mendalami pengalaman internship dan summer course di Jepang yang menjadi salah satu kegiatan enrichment unggulan BINUS- ASO.

Kemudian, ada juga presentasi mobil listrik oleh BINUS ASO dan talk show yang membahas isu teknologi dan bisnis bersama PT SKKTama, Steam Academy dan Akademi Garudaku. Lalu, untuk membangun suasana yang lebih kasual sekaligus meriah, acara perayaan 10 tahun BINUS-ASO menampilkan atraksi Taiko dan Kendo yang dimainkan oleh para mahasiswa.

Komitmen dan Harapan BINUS-ASO untuk Masa Depan

Melalui acara serangkaian acara yang disajikan, BINUS-ASO ingin menunjukkan komitmennya untuk konsisten menyiapkan SDM yang bisa memenuhi kebutuhan industri dari dahulu hingga ke depannya.

Di saat yang bersamaan, BINUS-ASO juga menyadari bahwa industri memiliki peranan penting untuk mendukung perguruan tinggi, yaitu dengan menjadi “penasihat” agar BINUS-ASO bisa menyesuaikan kurikulumnya agar lulusannya lebih siap bekerja.

Terakhir, BINUS-ASO juga bertekad untuk terus mendorong para mahasiswanya mencetak lebih banyak prestasi. Salah satunya, dari tim D’BASE yang akan kembali berlaga di Shell Eco Marathon Mandalika tahun ini.

Tentang BINUS-ASO School of Engineering

Untuk menghasilkan lulusan berkualitas unggul, BINUS UNIVERSITY (Indonesia) bersama dengan ASO College Group (Jepang) mendirikan BINUS-ASO School of Engineering (BINUS- ASO). Mahasiswa BINUS-ASO terlibat dalam pembelajaran yang menggabungkan teori dengan pengalaman praktis menggunakan fasilitas teknologi terkini.

Tiga program dengan pendekatan mutakhir untuk menjawab kebutuhan industri global adalah Automotive Robotics Engineering, Product Design Engineering, dan Business Engineering.

Dengan konsep lingkungan budaya Jepang yang interaktif untuk memotivasi mahasiswa menjadi pemikir mandiri dan mendalam, kampus BINUS-ASO memfasilitasi mahasiswanya dengan berbagai fasilitas terkini.

Program-program ini disampaikan dalam bahasa Inggris dan Indonesia oleh pengajar berpengalaman dari Jepang dan Indonesia.

Mahasiswa diberi kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan menerapkan pengetahuan mereka di luar negeri melalui summer course di Jepang dan magang di industri Jepang atau multinasional.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait