Bisnis Online Meroket, Lebih Sejuta Per Hari Lewat Ninja Xpress

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman last-mile terkemuka di Indonesia, telah bermitra dengan DPD group untuk merilis laporan pertama E-commerce Southeast Asia (SEA) Barometer Report 2021 – Uncovering SEA online shoppers & delivery preferences.

Laporan tersebut menyoroti kebiasaan belanja pembeli online SEA (Asia Tenggara) serta pengalaman berbelanja yang mereka inginkan mulai dari tahap pembelian hingga pengiriman.

Disebutkan, sejak awal pandemi dua tahun lalu, SEA telah mengalami peningkatan sekitar 70 juta pembeli online. Angka tersebut diperkirakan akan tumbuh menjadi 380 juta pada tahun 2026.

Seiring dengan tren tersebut, sebanyak 63% pembeli dari Indonesia juga baru mulai berbelanja online, terutama sejak pandemi memaksa setiap orang harus tetap di rumah saja.

Dalam 12 bulan terakhir, Ninja Xpress rata-rata telah mengirimkan lebih dari satu juta paket per hari di seluruh Indonesia, tumbuh lebih dari 65 % dari tahun sebelumnya, menguatkan pengamatan tentang pertumbuhan e-commerce yang luar biasa.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress mengatakan, seiring semakin sering dan banyaknya masyarakat belanja secara online, tentu mereka menginginkan pengiriman barang yang semakin beragam namun mudah dan lancar.

“Ninja Xpress melihat potensi ini sebagai kesempatan untuk membuktikan komitmennya dalam mendukung usaha shipper dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi,” ujar dia lewat rilis, Senin (25/4/2022).

Berdasarkan hasil riset, pembeli online juga mulai terlibat dalam perdagangan ritel lintas batas. Lebih dari separuh responden di Indonesia (52%) telah membeli dari situs web asing, dan sebagian besar menyatakan telah melakukannya beberapa kali.

Selain membeli dari dalam wilayah SEA langsung, banyak yang menyatakan bahwa mereka telah membeli dari negara-negara Asia lain seperti China, Hong Kong, Taiwan, Jepang dan/atau Korea Selatan.

Perilaku konsumen khususnya di Indonesia ini merupakan sinyal kuat bagi ritel online untuk memaksimalkan potensi mereka yang besar dan memperluas basis pelanggan secara regional atau bahkan global.

Pengalaman belanja online berakhir hanya ketika pembelanja menerima barang yang diinginkan. Pengiriman, sebagai tahap akhir dari belanja online, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keseluruhan pengalaman.

Sebanyak 89% dari responden mengatakan bahwa mereka ingin mengetahui perusahaan pengiriman yang mengirimkan paket. Pembeli Indonesia yang menginginkan hal tersebut ada di posisi tertinggi dibandingkan dengan negara SEA lainnya.

Informasi siapa perusahaan yang mengirim paket dapat memberikan tingkat kepastian pada saat paket dikirim dan jaminan layanan kepada paket yang mereka pesan.

Banyak juga pembeli di Indonesia yang menyatakan keinginan yang besar untuk pelacakan paket secara real-time dan layanan cepat seperti same day delivery. Hal ini mencerminkan kebutuhan akan layanan dan fasilitas yang memungkinkan pembeli menyesuaikan pengalaman pengiriman paket sesuai dengan kebutuhan mereka.

Survei E-commerce SEA Barometer Report 2021 menegaskan komitmen Ninja Xpress dalam memahami kebutuhan shipper dan pembeli dengan menyediakan pengalaman pengiriman tanpa repot. “Ninja Xpress terus memelihara ekosistem yang menyediakan layanan dan fasilitas bernilai tambah untuk memastikan pengalaman yang lancar bagi semua penggunanya,” pungkas Andi. (Gan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait