BPJAMSOSTEK Surabaya Rungkut Resmikan Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) melaunching Pasar Bambe Dukuh Menanggal Surabaya sebagai Pasar Sadar Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan, Kamis (14/11/2019).

Peresmian tersebut dilakukan Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Dodo Suharto, didampingi Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut, Oki Widya Gandha.

Hadir dalam acara ini di antaranya Kakacab Surabaya Darmo, Guguk Heru Triyoko, PPS Kakacab Surabaya Tanjung Perak, Moch Arfan, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Bambe Dukuh Menanggal, Su’edi, tokoh masyarakat dan ratusan pedagang pasar setempat.

Dodo mengatakan, diresmikannya pasar ini sebagai Pasar Sadar Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan karena para pedagangnya banyak yang sudah sadar akan pentingnya perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Kesadaran itu dibuktikan dengan banyaknya mereka yang daftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Cabang Surabaya Rungkut.

Dengan diresmikannya pasar ini sebagai Pasar Sadar Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan pedagang yang belum daftar BPJS Ketenagakerjaan segera daftar, dan akan menggugah kesadaran yang sama pada penduduk sekitar.

Dodo mengatakan, manfaat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sangat penting, dan tidak hanya untuk pekerja formal (PU) saja, tapi juga untuk pekerja informal (BPU) seperti pedagang, tukang parkir, tukang becak dan yang lainnya.

Dodo juga menyampaikan, Pasar/Mall Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini sama halnya dengan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, yang merupakan program kantor pusat yang harus dilaksanakan kantor cabang dengan tujuan mengedukasi masyarakat akan pentingnya manfaat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dikatakan, sejak program ini dilaksanakan, beberapa desa di Jawa Timur telah merebut juara tingkat nasional. Dia optimis tahun ini akan ada lagi desa di Jawa Timur yang jadi juara tingkat nasional.

Kakacab BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut, Oki Widya Gandha, mengatakan, diresmikannya pasar ini sebagai Pasar Sadar Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan juga karena antusiasme pengurus paguyuban pedagang cukup tinggi untuk mendaftarkan seluruh pedagang di pasar dan sekitarnya.

Dikatakan, dari 120 pedagang di pasar ini sudah 54% persen yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan 46 % sisanya segera menyusul daftar sampai akhir Nopember 2019 ini.

Selain itu, tambah Oki, para pedagang di sekitar maupun pekerja lain di pasar ini akan diupayakan pula untuk mendapatkan perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan, sebagaimana yang disebutkan dalam surat perjanjian kerjasama yang ditandatangani dalam acara ini. Oki optimis setidaknya akan mendapat tambahan 200 peserta dari pasar dan sekitarnya ini.

Dikatakan, sementara ini mereka daftar 2 program, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Dengan iuran Rp 16.800,-/ bulan, jika mereka mengalami musibah kecelakaan kerja, seluruh bea pengobatan dan perawatan sampai sembuh ditanggung penuh oleh BPJS Ketenagakerjaan. Dan bila meninggal dunia, ahliwarisnya mendapatkan santunan.

Dalam acara ini, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut juga menyerahkan santunan pada ahliwaris peserta yang meninggal dunia karena kecelakaan kerja dan meninggal dunia biasa.

Santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Meninggal itu diserahkan kepada Sulastri, ahliwaris almarhum Sunarno, karyawan PT Sarana Remaja Mandiri, sejumlah Rp 203.440.176,-.

Kemudian santunan Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT) sejumlah Rp 56.095.500,- kepada Siti Maryatun, ahliwaris almarhum Soepriyadi, pekerja SPBU 54 Surabaya.

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut juga membagikan 150 paket sembako gratis kepada pedagang Pasar Sadar Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan ini dan pedagang sekitarnya. Paket sembako ini berisikan beras, gula pasir, minyak goreng, kopi dan teh. (Ganefo)

Teks Foto: Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Dodo Suharto, bersama Kakacab BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut, Oki Widya Gandha, menyerahkan santunan di acara Launching Pasar Bambe Dukuh Menanggal sebagai Pasar Sadar Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan, Kamis (14/11/2019).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *