BPJS Ketenagakerjaan Darmo & Driver Uber Bermaafan Di Tugu Pahlawan

  • Whatsapp
Para awak BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo dan Driver Uber Motor seusai Halal Bihalal dan Sosialisasi di Tugu Pahlawan Surabaya, Jumat (7/7/2017) malam.

SURABAYA, beritalima.com – Tidak kurang dari 200 Driver Uber Motor Surabaya, Sidoarjo dan Gresik menghadiri acara Halal Bihalal yang difasilitasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo. Acara ini berlangsung di pelataran Tugu Pahlawan Kota Surabaya, Jumat (7/7/2017) malam.

“Kegiatan ini sekaligus untuk mensosialisasikan pentingnya peran BPJS Ketenagakerjaan,” kata Faridah Hanum, Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, mewakili Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, Dani Santoso, yang mengikuti Rapat Koordinasi di Jember.

“Sosialisasi ini sejalan dengan komitmen BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja, khususnya pekerja rentan kecelakaan seperti pengemudi Uber Motor,” lanjutnya.

Para Driver Uber Motor yang hadir di acara ini mayoritas ketua dan pengurus komunitas di wilayah masing-masing. Menurut Ketua Solidaritas Uber Motor Indonesia (SUMI) Surabaya, Arief Gun, jumlah Driver Uber Motor di Surabaya, Gresik dan Sidoarjo ada sekitar 5.000 orang. Mereka terbagi kurang lebih 70 kelompok/komunitas.

“Mereka yang hadir di acara ini ketua dan pengurus komunitas yang jumlahnya sekitar 70 komunitas. Merekalah yang akan meneruskan informasi tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan ke anggota di kelompok masing-masing,” kata Arief.

Menurut Arief, para Driver Uber Motor ini pada umumnya butuh perlindungan jaminan sosial. Hanya saja mereka banyak yang belum paham tentang syarat pendaftaran serta kewajiban dan haknya bila sudah jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Karena itu, kami berharap setelah ini seluruh Driver Uber Motor terlindungi jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan,” kata Arief sembari menambahkan bila mereka juga tak ingin seperti rekannya yang meninggal akibat kecelakaan kerja sekitar 2 bulan lalu hingga membuat istri dan anaknya sengsara karena tak terlindungi jaminan sosial.

Dalam sosialiasi itu para Driver Uber Motor sangat antusias mendengar penjelasan yang disampaikan secara bergantian oleh Alfian, Robby, Amal dan Yuris dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo. Mereka juga banyak bertanya hingga membuat acara yang dimulai pukul 19.00 ini berakhir sampal pukul 22.00 lebih.

Alfian mengatakan, dari sekian banyak Driver Uber Motor ini baru sekitar 50 driver yang terlindungi jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo. Selebihnya dipastikan banyak yang daftar di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, di Jalan Diponegoro 6 Surabaya, setelah sosialisasi ini.

Disebutkan, sampai saat ini kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo tercatat 2.808 perusahaan dengan total 114.818 tenaga kerja aktif, dan 19.142 tenaga kerja aktif sektor informal atau bukan penerima upah (BPU).

Disampaikan pula oleh Faridah Hanum, sampai bulan Juli 2017 BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo telah membayar klaim Jaminan Hari Tua (JHT) kepada 5.196 peserta sebesar Rp50,5 miliar, Jaminan Kematian (JKM) kepada 82 ahli waris peserta sejumlah Rp2,2 miliar, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) untuk 633 peserta sebesar Rp5,4 miliar, dan Jaminan Pensiun (JP) 113 peserta senilai Rp185 juta. (Ganefo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *