BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo Sosialisasi Door to Door

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo menggelar sosialisasi door to door di Fresh Market (pasar modern) Citraland, Surabaya, Ahad (25/3/2018).

Kegiatan ini sebagai upaya untuk pencapaian universal coverage program jaminan sosial ketenagakerjaan wilayah Surabaya barat.

Seluruh karyawan BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo turun di pasar modern ini, tak terkecuali Kepala BPJS Cabang Ketenagakerjaan Surabaya Darmo, Poedji Santoso.

Bersinegi dengan tim dari Fresh Market Citraland, tim BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo mengemas dengan cara yang menarik dalam sosialisasi kepesertaan kepada pedagang maupun pengunjung pasar.

Dimana selain ada pemeriksaan gula darah gratis, pedagang dan pengunjung pasar juga dihibur alunan musik live. Sehingga, pengunjung tidak hanya berbelanja, tapi sekaligus mendengarkan sosialisasi dan bertanya seputar informasi manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

Lebih dari itu, seluruh karyawan BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo menyebar di lokasi pasar itu untuk menemui dan menjelaskan tentang program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan pada setiap pemilik stand dan pengunjung, door to door.

Menurut Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo, Ferina Burhan, sosialisasi door to door ini memiliki harapan untuk melindungi semua pedagang pasar dan seluruh masyarakat pekerja dengan program BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami sudah seminggu menggelar sosialisasi di Fresh Market ini, dengan cara menemui dan mengajak dialog satu persatu pengunjung, pedagang pasar dan sekitarnya,” jelas Ferina.

Dengan demikian, lanjut Ferina, para pedagang dan pengunjung jadi paham dan sadar bahwa jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan sangat penting untuk perlindungan mereka5.

“Dari kegiatan ini, tim kami berhasil mengakuisisi peserta kategori BPU (Bukan Penerima Upah) sekitar 520 tenaga kerja, dan 125 Tenaga Kerja PU (Penerima Upah),” kata Ferina dengan didampingi Kabid Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo, Faridah Hanum.

Para pedagang dan pengunjung pasar yang daftar langsung bayar premi, dan oleh karyawan BPJS Ketenagakerjaan langsung diberi kartu kepesertaan.

Selain itu, bagi pedagang yang daftar, stan atau konternya akan ditempeli stiker BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan untuk pengunjung yang daftar, sepeda motor atau mobilnya yang ditempeli stiker yang sama.

Dikatakan, untuk kepesertaan PU memiliki 4 program, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP). Sedangkan untuk kepesertaan BPU ada 3 program, yakni JKK, JKM dan JHT.

Menurut Ani Amoro, Promo Event Citraland, Fresh Market dan G-Walk, seluruh pedagang pasar maupun pengunjung sudah paham dan sadar betul akan manfaat jaminan sosial.

“Dengan adanya sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo, semua yang ada di sini merespon positif,” ujar Ani.

“Karena, pedagang pasar sendiri sudah ada yang merasakan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan saat mengalami kecelakaan kerja, dan seluruh biaya pengobatannya sampai sembuh di tanggung BPJS Ketenagakerjaan,” paparnya. (Ganefo)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *