BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut Implementasikan LAPAK ASIK Onsite

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Dalam upaya memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta di masa pandemi ini, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan pada peserta yang akan melakukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT). Selain terus menerapkan Layanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK) Online, baru-baru ini BPJS Ketenagakerjaan kembali melahirkan inovasi baru berupa LAPAK ASIK Onsite.

LAPAK ASIK Online merupakan layanan dimana peserta tidak perlu datang ke kantor cabang untuk melakukan klaim JHT. Cukup melalui online dengan melakukan pendaftaran pada website www.lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id, kemudian mengupload data yang diminta. Seluruh konfirmasi serta wawancara akan dilakukan secara online oleh petugas.

Sedangkan LAPAK ASIK Onsite merupakan layanan klaim JHT dengan memanfaatkan smartphone atau gadget yang dilakukan oleh peserta secara langsung di kantor cabang. Protokol ini sejak awal Nopember 2020 telah diterapkan di seluruh Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia, tidak terkecuali Kantor Cabang Surabaya Rungkut.

Rudi Susanto selaku Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut mengakui pihaknya mengalami peningkatan jumlah pengajuan klaim JHT akibat dari pandemi Covid-19. “Namun kami terus melayani masyarakat secara optimal, di samping tetap komitmen mendukung pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Rudi saat ditemui di kantornya, Kamis (12/11/2020).

Dikatakan, pada prinsipnya metode LAPAK ASIK Online maupun Onsite itu sama. Persyaratannya pun sama, peserta harus menyiapkan data diri berupa eKTP, Kartu Keluarga, Kartu Peserta, Surat Keterangan Berhenti Bekerja/Paklaring, Buku Rekening serta NPWP untuk peserta dengan saldo di atas 50 juta.

Bedanya, untuk LAPAK ASIK Online, peserta cukup melakukan dari rumah atau tempatnya beraktifitas. Sedangkan untuk LAPAK ASIK Onsite, peserta melakukan di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Rudi menambahkan, untuk informasi lengkap terkait pelayanan BPJAMSOSTEK dan Protokol Lapak Asik ini peserta dapat menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan di 175, atau melalui situs resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan akun resmi BPJAMSOSTEK di Facebook BPJS Ketenagakerjaan atau Twitter @bpjstkinfo atau akun Youtube BPJS Ketenagakerjaan youtube bit.ly/LAPAKASIK.

“Dengan LAPAK ASIK Online maupun Onsite ini kami berupaya maksimal agar semua peserta terlayani dengan baik di masa pandemi Covid-19,” tandas Rudi.

Dalam kesempatan ini, Rudi juga meminta pada peserta untuk melaporkan setiap kali ada perubahan data. “Kami terus mengimbau bagi peserta untuk melakukan pembaharuan data agar kelak tidak mengalami kendala dalam melakukan klaim dikarenakan datanya tidak valid,” kata Rudi.

“Pembaharuan data dapat dilakukan melalui pelaporan kepada HRD perusahaan yang terdaftar, kemudian diteruskan kepada petugas kami,” kata Rudi.

“Selain itu juga dapat dilakukan secara perorangan melalui aplikasi BPJSTKU yang dapat diakses pada playstore untuk pengguna android dan appstore pada pengguna ios,” lanjut dia. “Hal ini menjadi tantangan untuk kami meningkatkan awarness peserta untuk melakukan pembaharuan data,” imbuhnya. (Ganefo)

Teks Foto: Metode LAPAK ASIK Onsite di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait