Buka Penerimaan Maba 2022, Pimpinan Unismuh Paparkan Keunggulan Unismuh Makassar

  • Whatsapp

MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar secara resmi membuka penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023. Seremonial penerimaan maba digelar dalam bentuk Talkshow ‘Sejam Bersama Unismuh Makassar’ yang disiarkan secara langsung dari Studio TVRI, Jl. Pajonga Dg Ngalle Makassar, Sabtu, 1 Januari 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor dan para Wakil Rektor Unismuh secara bergantian menunjukkan keunggulan Unismuh Makassar. Acara ini dipandu Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unismuh Maharida MPd.

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse menyatakan bahwa Unismuh lahir sejak tahun 1963. Saat ini Unismuh membina 7 Fakultas dan Program Pascasarjana. Secara keseluruhan, Unismuh membina 48 Program Studi, baik D3, S1, S2, S3 dan Program Profesi.

*Keunggulan Unismuh*

Salah satu keunggulan Unismuh, kata Ambo Asse, karena alumni-alumninya cepat terserap ke dunia kerja. Nakhoda Unismuh ini melanjutkan, Unismuh mengusung semboyan maju, unggul, dan mandiri. Unismuh bukan hanya menyiapkan mahasiswa dengan bekal keterampilan, melainkan juga dengan sikap dan karakter yang dibina khusus selama menjalani proses perkuliahan, jelas Ambo Asse.

Pernyataan Rektor diperkuat Wakil Rektor I Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda. Menurutnya, alumni Unismuh bukan hanya terserap di dalam negeri, melainkan juga di luar negeri. “Tahun 2021, Unismuh memeroleh penghargaan dari LLDIKTI sebagai institusi dengan alumni terbanyak yang bekerja di luar negeri,” tukas Rakhim.

Pencapaian itu bukan tanpa alasan, lanjut WR I Unismuh Makassar ini. Unismuh menyiapkan beberapa fase pembinaan.

“Diawali dengan membangun kepercayaan diri mahasiswa, lalu memperkuat potensi akademik, selanjutnya penguatan ketermapilan profesi pada semester lima. Setelah itu kita latih membangun networking dengan dunia luar,” kata Rakhim Nanda.

Saat ini, meskipun dalam masa pandemi COVID-19, Unismuh tetap menjaga kualitas pembelajaran. “Alhamdulillah pada tahun 2021, kami kembali mendapat pengakuan sebagai Lembaga dengan pembelajaran daring terbaik di LLDIKTI Wilayah IX,” pungkas Mantan Dekan Fakultas Teknik Unismuh Makassar ini.

Di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, Unismuh juga sering mendapatkan kepercayaan untuk mengelola dana hibah dari Kemdikbudristek Republik Indonesia. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, Unismuh merupakan penerima dana hibah terbesar dalam lingkungan LLDIKTI Wilayah IX.

Wakil Rektor II Unismuh Makassar Dr Andi Sukri Syamsuri menyatakan bahwa Unismuh memiliki lebih dari 700 dosen yang memiliki keterampilan mengajar berbasis teknologi informasi.

“Dosen tersebut ada yang sudah Profesor, banyak yang sudah Doktor, minimal magister. Jadi masuk di Unismuh, akan dibimbing oleh dosen profesional” tandas Andis, sapaan akrab WR II Unismuh ini.

Andis menambahkan, Unismuh juga menyiapkan beasiswa melalui jalur prestasi akademik, hafidz Quran, dan bibit unggul persyarikatan Muhammadiyah.

“Beasiswa ini terbuka untuk semua Prodi yang ada di Unismuh. Beasiswa hafidz misalnya, juga terbuka bagi mahasiswa kedokteran. Jika hafal 30 juz dengan baik, bisa bebas biaya kuliah selama 8 semester,” jelas Mantan Dekan FKIP Unismuh Makassar ini.

Keringanan untuk mahasiswa bukan hanya dalam bentuk beasiswa, melainkan juga memberi keringanan dalam mengangsur biaya kuliah. “Unismuh ini bukan hanya lembaga pendidikan, melainkan juga lembaga dakwah,” jelas Wakil Rektor Bidang Keuangan ini.

*Prestasi Mahasiswa*

Wakil Rektor III Unismuh Dr Muhammad Tahir mengatakan bahwa beasiswa bukan hanya yang berasal dari Unismuh, melainkan juga dari Pemerintah. Unismuh, kata Tahir, memeroleh beasiswa UKT untuk 10.292 mahasiswa senilai 24 miliar, serta beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk 305 mahasiswa.

Mahasiswa Unismuh juga senantiasa bersaing dalam berbagai lomba tingkat nasional yang dilaksanakan Kemdikbudristek.

WR III Unismuh ini mencontohkan Unismuh berhasil meloloskan enam judul proposal Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) dalam Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) tahun 2021. “Jumlah itu terbesar di Indonesia timur, bahkan mengalahkan semua perguruan tinggi negeri yang ada di Sulsel,” jelas Tahir.

Prsetasi mahasiswa Unismuh, kata Tahir, menempati urutan 38 dari semua perguruan tinggi di Pusat Prestasi Nasional Kemdikbudristek.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Drs Mawardi Pewangi MPdI menegaskan bahwa Unismuh bukan sekadar menekankan pada penguatan prestasi akademik, melainkan pada pembinaan iman dan akhlak.

“Di Unismuh bukan hanya ada Tri Dharma Perguruan Tinggi, tapi Catur Dharma, ada pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan. Unismuh menekankan pentingnya keseimbangan iman, ilmu dan amal, kata Mawardi.

Acara ini diikuti para Dekan, dan para Ketua Badan/Lembaga tingkat Universitas. Perwakilan Bank Mitra Unismuh juga sempat hadir. Empat Bank yang turut mendukung kesuksesan acara ini yakni Bank Sulselbar Syariah, Bank BTN Syariah, Bank Bukopin Syariah, dan Bank Syariah Indonesia.

Bagi yang tertarik mendaftar di Unismuh dapat mengakses tautan: https://pmb.unismuh.ac.id/.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait