Bukan Cuma Anak-Anak, Orang Dewasa Juga Butuh 6 Jenis Vaksin Ini

  • Whatsapp

beritalima.com | Vaksin tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak, namun orang dewasa pun juga penting untuk melakukan vaksinasi. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini di mana kesehatan memang menjadi hal paling utama. Ada beberapa jenis vaksin yang diperlukan bagi orang dewasa untuk menghindari terjadinya penyebaran penyakit. Apa saja itu?
Influenza


Orang dewasa juga sangat perlu menerima vaksin influenza ini karena untuk mencegah virus influenza yang menyebar dengan mudah, dan persebaran tersebut bisa menjadi berbahaya. Vaksin ini dibagi dalam dua jenis, aktif dan inaktif, yang bertujuan untuk mencegah penyakit flu dan komplikasi lain yang bisa terjadi.


Campak, Gondong, dan Rubella (MMR)
Vaksin MMR ini merupakan salah satu vaksin yang wajib dan perlu diberikan pada setiap manusia dalam kurun waktu sekali seumur hidup. Namun tidak jarang seseorang yang belum pernah menerima vaksin ini. Untuk itu, perlu juga orang dewasa untuk melakukan vaksinasi MMR ini. Apabila orang dewasa mempunyai risiko lebih tinggi terpapar MMR, maka ia akan mendapatkan 2 dosis (atau lebih) vaksin selama beberapa waktu.
Vaksin HPV


Perempuan remaja dan dewasa, sangat disarankan untuk menerima vaksin HPV, yang mampu menghindarkan dari serangan virus Human Papilloma Virus, yang merupakan penyebab utama dari penyakit kanker serviks dan kutil pada kelamin. Vaksin HPV ini lebih efektif apabila digunakan untuk Anda yang belum pernah berhubungan seksual.


Hepatitis A dan B
Untuk mencegah hepatitis A dan B, maka orang dewasa direkomendasikan untuk menerima vaksin ini. Dalam hal suntikan, vaksin hepatitis A diberikan dalam 2 (dua) kali suntikan setiap 6 (enam) bulan sekali. Sedangkan vaksin hepatitis B telah disuntikan sejak baru lahir, juga bisa didapatkan di usia kapan pun.


Tetanus dan Difteri
Vaksin tetanus dan difteri ini juga perlu diberikan pada orang dewasa. Jika sama sekali belum pernah mendapatkan vaksin Tetanus dan Difteri, maka akan diberikan seri primer satu kali dan diikuti dosis penguat setiap sepuluh tahun. Ada beberapa efek samping dari vaksin ini, yaitu bengkak, memar karena suntikan, dan demam setelah menerimanya.


Vaksin untuk Wisatawan
Apabila anda biasa traveling, baik untuk urusan pekerjaan maupun liburan maka vaksinasi untuk wisatawan sangat diperlukan. Hal ini sangat penting agar terhindar dari paparan infeksi akibat virus tertentu yang ada di area yang Anda kunjungi. Ada 3 jenis kategori vaksin yang perlu diketahui:
Adapun Vaksin rutin yang harus dijalankan bagi wisatawan yakni vaksin difteri, campak, hepatitis B, Hib, gondong Human papillomavirus, influenza, pertusis atau batuk rejan, rubella, pneumokokus, poliomielitis (polio), rotavirus, tuberkulosis (TB), tetanus, dan varicella.


Adapun vaksin kolera merupakan vaksin yang disarankan. Tidak hanya vaksin kolera, namun juga termasuk vaksin hepatitis A, hepatitis E, Japanese encephalitis, penyakit meningokokal, rabies, tick-borne encephalitis (TBE), demam tifoid, dan demam kuning.


Ada juga vaksin yang wajib diberikan untuk wisatawan yakni vaksin demam kuning, meningokokal, dan polio. Hal itu sesuai dengan peraturan kesehatan internasional yang mewajibkan vaksin demam kuning sebagai vaksin yang harus diberikan sebelum berkunjung ke negara-negara yang beresiko tinggi terjadinya infeksi penyakit ini.


Sementara negara Arab Saudi mewajibkan vaksinasi meningokokus dan polio kepada mereka yang akan pergi ke Mekkah untuk ibadah Haji. Anda sebaiknya menerima vaksin empat atau enam minggu sebelum jadwal keberangkatan, karena beberapa vaksin perlu diberikan berurutan selama beberapa minggu. Untuk mendapatkan vaksinasi secara tepat, konsultasikan riwayat kesehatan kepada dokter. 


Itulah enam jenis vaksin yang cocok dan bahkan dibutuhkan oleh orang dewasa. Karena memang vaksin dewasa sangat penting untuk menangkal berbagai penyakit yang ada.


Untuk mencari klinik vaksinasi yang berada di kota Anda, maka dapat menggunakan aplikasi Halodoc. Karena Halodoc saat ini sudah hadir di berbagai kota di Indonesia. Tidak terkecuali juga hadir di kota Pahlawan, Kota Surabaya.


Jadi, bagi warga Surabaya yang ingin mencari klinik vaksin Surabaya, dapat menggunakan aplikasi Halodoc. Karena dengan aplikasi ini, dapat membuat janji dengan dokter secara online tanpa keluar rumah, dan bahkan bisa konsultasi dengan dokter secara online.Jadi, bagi warga Surabaya yang ingin mencari klinik vaksin Surabaya, dapat menggunakan aplikasi Halodoc. Karena dengan aplikasi ini, dapat membuat janji dengan dokter secara online tanpa keluar rumah, dan bahkan bisa konsultasi dengan dokter secara online.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait