Bukti Kerja Pemprov Jatim, RSJ Menur Inovasi Komprehensip Layanan Covid-19

  • Whatsapp
Tim medis RS Jiwa Menur Surabaya saat melakukan Rapid Test pada staf dan pegawai Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur beberapa waktu yang lalu

SURABAYA, beritalima.com | Merawat pasien Covid-19 tidaklah mudah, sebab seluruh tenaga medis harus mengenakan APD lengkap agar terhindar dari penularan. Selain itu dokter dan perawat pun harus siap menghadapi ketidakpatuhan pasien terhadap protocol kesehatan selama dirawat.

Untuk itu Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya yang turut berperan menjadi sebagai rujukan penanganan Covid-19 mulai mengagas inovasi pelayanan yaitu model komprehensi penanganan penderita Covid-19.

Direktur Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya, dr M Hafidin Ilham menjelaskan dalam pelayanan tersebut RS. Jiwa Menur Surabaya tidak hanya sekedar merawat pasien yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19, akan tetapi juga turut aktif memberikan edukasi, kampanye dan skrining pemeriksaan Rapid Test serta Swab kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan semakin meluasnya penyebaran Covid-19 di jawa Timur.

“ Sebanyak 110 tenaga teknis telah disiapkan untuk merawat pasien baik Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun Positif Corona yang saat ini berjumlah 102 pasien, ini pekerjaan tidak mudah apalagi harus menghadapi pasien yang tidak patuh,”ujarnya.

Dijelaskannya, inovasi tersebut sebagai bukti nyata kehadiran Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menangani wabah Covid-19. “Kita ketahui bahwa RSJ Menur adalah RS milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang bergerak di sector kesehatan, yang turut berperan aktif dalam penanganan pandemi Covid-19,”katanya.

Diharapkan layanan tersebut menjadi Metode dalam penanganan Covid secara menyeluruh melalui upaya Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif kepada masyarakat yang terdampak Pandemi Virus Covid-19.

“Dengan demikian maka upaya penanganan yang komprehensip akan dapat mendeteksi warga masyarakat yang sehat maupun yang beresiko terpapar oleh virus Covid-19. Selanjutnya masyarakat yang sudah terinfeksi akan segera mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal sehingga tidak sampai menularkan ke orang lain,”ujarnya.

Agar inovasi ini berjalan efektif maka RSJ Menur Surabaya, menyiapkan empat hal, yaitu, penyiapan regulasi, sumber daya manusia yang berkompeten, penyiapan sarana dan prasarana serta melakukan kerjasama dengan instansi terkait serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, pihaknya juga terus mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, dengan tetap mematuhi Protokol kesehatan melalui upaya social dan phisical distancing. Selain itu RSJ Menur mengembangakan kampanye dan promosi pencegahan Covid-19 melalui media sosial antara lain, Facebook:RsJiwa Menur, Instagram: rs.jiwamenur, Website: rsjmenur.jatimprov.go.id, dan Youtube: RSJ Menur.

“ Dengan inovasi model komprehensif layanan Covid-19 yang telah digagas oleh RSJ Menur maka diharapkan dapat menurunkan angka penderita Covid-19 di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” tambahnya.(erw)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait