Bulan Januari Harga Kerbau di Toraja Stabil

  • Whatsapp

TORAJA UTARA-www.betitalima.com-Transaksi jual-beli di pasar hewan Bolu berlangsung cukup ramai.Ratusan kerbau (tedong) berbagai ukuran di jual di pasar hewan Bolu yang berasal dari berbagai daerah di Toraja.

Kerbau bagi masyarakat Toraja memiliki nilai strata sosial sangat dihormati serta memiliki nilai jual cukup mahal.Misalnya saja,tedong bonga atau kerbau belang memiliki harga hingga mencapai ratusan juta, dan tidak menutup kemungkinan harga satu ekor tedong bonga yang katagori super, dinilai secara adat bisa mencapai milyaran rupiah.

Dari penelusuran wartawan berita lima di pasar Bolu,Senin (31/1),ratusan kerbau berbagai jenis dan ukuran siap untuk dijual.Harga kerbau bervariasi dari 7 juta hingga mencapai 100 juta rupiah.

Ingin mengetahui harga kerbau saat ini,salah seorang penjual kerbau mengaku kepada awak media ini bernama Ruru (50) penjual kerbau asal Kecamatan Sa’dan Lembang Sa’dan Andulan Kabupaten Toraja Utara,saat dimintai keterangannya soal harga kerbau kata dia,”Bulan-Bulan ini harga kerbau relatif stabil jika dibandingkan harga kerbau bulan juli hingga november harga kerbau cukup mahal akibat bulan tersebut lagi musin pesta,”kata Ruru,saat menjajakan kerbau mereka pada pembeli dengan harga 31 juta rupiah.

Kembali mereka jelaskan,kerbau bagi masyarakat Toraja memiliki nilai jual cukup tinggi.Bahkan warga Toraja menjadikan standar harga kerbau dalam soal gadai-menggadai,misalnya,soal gadai tanah ukuran kerbau senantiasa menjadi patokan dalam menggadai tanah seperti yang terjadi kebanyakan di masyarakat Toraja.(Gede Siwa).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *