Bulan Ramadhan Pasar Rakyat Mojo Kembangsore Park Tawarkan Menu Berbuka Khas Keluarga

  • Whatsapp

MOJOKERTO, Beritalima.com- Pengelola Pasar Rakyat Mojo Kembangsore Park (MKP), Desa Petak, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto berupaya membangkitkan gairah perekonomian masyarakat di tengah bulan ramadhan.

Salah satu yang menjadi terobosan dari pengelola pasar rakyat kembang sore adalah menggelar stand berjualan dengan menu dagangan untuk berbuka puasa bagi masyarakat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, Hal ini coba diantisipasi oleh pengelola Wisata Mojokembangsore Kawasan Pariwisata (MKP) di Desa Petak, Kecamatan Pacet, Mojokerto

Dikemas dalam Ketupat Ramadhan Gebyar Belanja, pihak pengelola memberikan puluhan stand layak sewa kepada masyarakat agar berjualan di sana. Selama Ramadhan sampai lebaran ditambah 7 hari, stand-stand penjualan produk Usaha Kecil Menengah (UMK) masyarakat akan menghiasi Pasar Rakyat MKP.

Manajer Operasional Pasar Rakyat MKP, Basuki mengatakan bahwa beriringan dengan bulan ramadhan mari kita berbagi kebaikan bersama dengan UMKM Desa Petak.

“Potensi-potensi masyarakat yang punya usaha kecil dan menengah yang usaha paling kecil di masyarakat sekitar kita ini apabila ingin menampilkan kreasi-kreasinya bisa ditampilkan disitu,” ujar Basuki

Selama ini kemacetan kerapkali terjadi di sepanjang jalan, sehingga menimbulkan kerumunan. Bagi para pedagang yang berjualan disitu, setiap harinya dikenakan retribusi sebesar Rp 5 ribu untuk biaya kebersihan.

“Mungkin yang di jalan-jalan yang menimbulkan macet, bias dialihkan ke situ,”

Semakin hari pertambahan penjual juga mengisi stand-stand yang awalnya kosong. Tidak menutup kemungkinan yang tidak mendapat tenda, di sebelah Utara Pasar Rakyat ini juga disediakan bagi para penjual.

“Kita akan menambah wahana-wahana outdoor disitu biar semakin semarak,”

Beberapa produk yang sebelum ditampilkan, terlebih dulu diinvestarisir dan dipilah oleh pihak pengelola sebelum nantinya mendapat persetujuan untuk berjualan.

Salah seorang pedagang, Arum (28) mengaku pengunjung kebanyakan datang pada habis waktu ashar mereka sambil ngabuburit sambil menunggu waktu Magrib tiba.

“Disini paling ramai itu pas sore hari, saat mau berbuka,” ujar Arum yang berjualan botokan, pepes, dan sayur untuk berbuka puasa.

Hal yang serupa disampaikan Nur Farida (45), salah seorang pedagang dari Desa Petak mengatakan sudah kebiasaan warga muslim yang menjalankan ibadah puasa, sambil ngabuburit mencari makanan untuk berbuka puasa, dan dengan adanya stand di Mojo Kembangsore Park ini pembeli biasanya datang jelang waktu berbuka

“Dengan adanya stand yang di sediakan oleh pengelola, Alhamdulilah kita bisa mendapatkan untung yang lumayan, karena harga sewanya sangat murah,” katanya.(Kar)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait