Bupati Hendy: Jember Siap Dilaksanakan Jambore Batik Jatim Maupun Nasional

  • Whatsapp
Wagub Jatim dan Bupati Hendy saat menghadiri jambore batik 2023 (beritalima.com/istimewa)
Wagub Jatim dan Bupati Hendy saat menghadiri jambore batik 2023 (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Bupati Jember H. Hendy Siswanto menyatakan siap, bila pelaksanaan Jambore batik Jawa Timur maupun nasional dilaksanakan di Jember.

Hal itu disampaikan Bupati Hendy, saat membuka acara jambore batik nasional ketiga di Wisata Rembangan, Jumat sore (28/7/2023).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, jambore batik ketiga ini menjadi semangat Pemerintah Kabupaten Jember untuk lebih siap melayani perhelatan jambore keempat.

“Kami siap jika Jambore Batik Keempat akan kembali dilaksanakan di Jember,” tegasnya. Bahkan, mulai pelaksanaan Jambore Batik Jatim hingga nasional.

Bupati mengajak setiap pembatik untuk bisa mengeksplore Jember. “Silahkan berkeliling, ada wisata yang bisa dinikmati. Semua wisata di Jatim memang luar biasa, tapi berikan saran untuk wisata di Jember agar lebih bagus lagi,” kata bupati.

“Kami ini sangat care dengan batik karena kearifan lokal yang merupakan kekuatan budaya untuk anak cucu kita,” jelas bupati.

Jadi, Parade Batik 2023 merupakan kesempatan yang tepat untuk mengawal. “Harus serius agar batik bisa bertahan,” tuturnya.

Hendy menegaskan, disamping untuk mendongkrak ekonomi, juga sebagai bentuk untuk mengenalkan budaya.

“Kalau lupa dengan budaya, akan menjadi masalah besar. Semoga kegiatan hari ini menjadi kegiatan yang berkah,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menambahkan, pihaknya sangat senang lantaran dapat hadir dalam jambore batik itu. Belum lagi, dia sangat terkesan dengan bupati.

“Bupati Hendy ngopeni Jember tenanan,” tegasnya.

Wagub juga mengomentari bahwa batik ini merupakan warisan nenek luhur yang bisa memegang kelas dunia.

“Oleh karena itu, kita perlu bangga. Motif dan corak yang ada di sini merupakan kreativitas yang sangat beragam,” tuturnya.

“Ke depan mari kita lebih optimis lagi. Pengrajin batik jangan ragu menggenjot produksi dan kreasinya. Ekonomi kita akan terus pulih. Kalau ekonomi pulih, masyarakat bakal lebih makmur,” tandasnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait