Bupati Jombang Berikan Benih Ikan Kepada Masyarakat Sekitar

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang memberikan bantuan benih ikan. Secara simbolis Bupati Jombang Hj. Munjidah Wahab, pada Jum’at (11/6/2021) memberikan benih ikan kepada masyarakat sekitar Desa Mojokambang, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Lanjutnya, Bupati Jombang bersama OPD terkait Murti Cahyanti selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jombang dan jajaran Forkopimcam turut hadir dalam penebaran 70 benih ikan tombro di sungai Avur Besuk, tepatnya terletak di Dusun Krembung, Desa Mojokambang, Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

Bupati dalam sambutannya menyatakan sungai Avur Besuk itu masih alami dan mengharapkan menjadi daya tarik tersendiri sehingga menurutnya menjadi pengungkit ekonomi warga sekitar.

“Program tebar benih ikan atau restocking ini mampu menjadi pengungkit kesejahteraan masyarakat Mojokambang. Terlebih untuk memulihkan kembali ekonomi di masa pandemi seperti sekarang ini,” jelas Munjidah.

Ia pun berpesan kepada masyarakat sekitar agar sabar dan tidak buru-buru memanen ikan sebelum berusia tiga bulan. Dengan begitu kata Munjidah, ikan yang ditebar itu bisa memberikan manfaat secara maksimal.

“Pemanfatan ikan jangan sampai dilakukan berlebihan. Dalam arti, penangkapan ikan harus menggunakan sistem ramah lingkungan, semisal menggunakan kail,” tandasnya.

Ia pun menegaskan dalam penangkapan ikan, tidak menggunakan setrum, racun ikan, serta bom ikan karena semua itu menyalahi aturan. “Harus yang ramah lingkungan,” ungkapnya.

Ditambahkan Murti Cahyani, potensi perairan umum daratan di Kabupaten Jombang terdiri dari sungai sepanjang 355 kilometer dan waduk seluas 42,04 hektar. Produksi ikan hasil tangkap tahun 2019 sebesar 170,1 ton, lalu pada 2020 sebesar 150,4 ton.

“Dalam restocking di Sungai Avur Besuk, Desa Mojokambang ini kami tebarkan benih ikan tombro sebanyak 70 ribu ekor. Semoga memberikan manfaat bagi warga sekitar,” kata Murti di lokasi.

Di tempat yang sama usai menebar ikan, Bupati yang didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten termasuk Camat Bandar Kedungmulyo Mahmudi dan Naning Setyowati selaku Kades Majokambang menyerahkan bantuan kendaraan roda tiga dari dana DID TA 2022 senilai Rp.27.500.000.

Bantuan diberikan kepada Kelompok Lumbung Sumber Makmur, Dusun. Dander- Desa Manduro Kecamatan Kabuh; Kelompok Lumbung Banyu Urip, Dusun Mundusewu – Bareng; dan Kelompok Lumbung Bendungrejo – Jogoroto.

“Bantuan ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Jombang untuk meningkatan ekonomi masyarakat,” imbuh Murti.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait